PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA SUBTEMA PELESTARIAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Ciwangi 1 BL.Limbangan Kabupaten Garut)

FITRI YANI, 135060094 (2017) PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA SUBTEMA PELESTARIAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV (Penelitian Tindakan Kelas di SDN Ciwangi 1 BL.Limbangan Kabupaten Garut). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (181kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (0B)
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang, rendahnya motivasi dan hasil belajar pada subtema pelestarian sumber daya alam di SDN Ciwangi 1, minimnya penggunaan model, pendekatan dan media dalam proses pembelajaran sehingga kurang memotivasi siswa untuk ikut serta dalam pembelajaran dan berdampak terhadap hasil belajar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Quantum Teaching. Data utama penelitian ini adalah prestest, posttest. Data penunjang yaitu bertempat di SDN Ciwangi , dan subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 36 orang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan sistem siklus yang setiap penelitiannya dilaksanakan 3 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 2 pembelajaran dan menerapkan pendekatan T-A-N-D-U-R (Tanami, Alami, Namai, Demosntrasikan, Ulangi, Rayakan). Proses pembelajaran hasil peneltian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari penilaian hasil belajar. Pada penilaian hasil belajar siklus I pada pretest yaitu 51 sedangkan postest nilai rata-ratanya 72, hasil belajar siklus II pada pretest nila rata-ratanta yaitu 60 sedangkan postest nilai rata-ratanya 75, dan hasil belajar pada siklus III nilai pretest yaitu 65 sedangkan postest nilai rata-ratanya 81. Kesimpulan dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa pendekatan Quantum Teaching dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada subtema pelestarian sumber daya alam di indonesia di kelas IV SDN Ciwangi 1. Kata Kunci: Model Quantum Teaching, Motivasi, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 13 Oct 2017 03:13
Last Modified: 13 Oct 2017 03:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30625

Actions (login required)

View Item View Item