Asep Muhidin, 135030098 (2017) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI NILAI-NILAI KEHIDUPAN YANG TERKANDUNG DALAM KUMPULAN CERITA PENDEK YANG DIBACA DENGAN MENGGUNAKAN METODE GUIDED INKUIRI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SERANG BARU TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB I.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB II.pdf Download (388kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB III.pdf Download (485kB) | Preview |
|
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
||
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (91kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pembelajaran Mengidentifikasi Nilai-Nilai Kehidupan yang Terkandung dalam Kumpulan Cerita Pendek yang dibaca dengan menggunakan Metode Guided Inkuir pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Serang Baru tahun pelajaran 2017/2018” Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah; (1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai kegiatan pembelajaran mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek yang dibaca dengan metode guided inkuiri pada peserta didik kelas XI SMAN 1 Serang Baru?; (2) Mampukah peserta didik kelas XI SMAN 1 Serang Baru melaksanakan kegiatan pembelajaran mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek yang dibaca?;(3) Efektifkah metode guided inkuiri diterapkan dalam pembelajaran mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek yang dibaca terhadap peserta didik kelas XI SMAN 1 Serang Baru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen yang pelaksanaannya menggunakan jenis eksperimen kuasi dengan desain the one group pretes-postes. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. (1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek yang dibaca dengan menggunakan metode Guided Inkuiri pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Serang Baru. Hal ini terbukti dari hasil nilai perencanaan dan pelaksanaan sebesar 3,46 (B); (2) Peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Serang Baru mampu melaksanakan kegiatan pembelajaran mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek yang dibaca. Hal ini dapat dibuktikan dari peningkatan belajar dengan nilai postes lebih besar dari pretes, yakni 73,9 ≥ 50. (3) Metode guided inkuiri efektif diterapkan dalam pembelajaran mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek terhadap peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Serang Baru. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil t hitung > t tabel yaitu yaitu 1,55 > 0,03 pada tingkat kepercayaan 95%, dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan sebesar 29. Berdasarkan fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa penulis berhasil melakukan pembelajaran mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek dengan metode Guided Inkuiri. Kata kunci: Mengidentifikasi, Metode Guided Inkuiri, Nilai-nilai kehidupan, kumpulan cerita pendek yang dibaca
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2017 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 13 Oct 2017 02:42 |
Last Modified: | 13 Oct 2017 02:42 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30620 |
Actions (login required)
View Item |