RIKA KARTIKA, 135020011 (2017) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Kuasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Pasundan 7 Bandung Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. cover.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
6. abstrak (inggris).pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
5. abstrak (indonesia).pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
7. abstrak (sunda).pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB 1.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB 2.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text
15.BAB 3.pdf Download (370kB) | Preview |
|
Text
16. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (359kB) |
||
Text
17. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
||
|
Text
18. Daftar Pustaka.pdf Download (16kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini berjudul Implementasi Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas XI IPS SMA Pasundan 7 Bandung. Permasalahan dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran masih didominasi oleh guru sehingga peserta didik kurang berperan aktif dalam pembelajaran, metode pembelajaran, bahan ajar, maupun strategi pembelajaran yang digunakan masih terhitung konvensional, sehingga siswa pasif dalam mengikuti proses kegiatan belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah diberikan perlakuan menggunakan metode pembelajaran problem based learning pada kelas eksperimen untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar di kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan bentuk Nonequivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS SMA Pasundan 7 Bandung. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t melalui program SPSS 21.0 for Windows yaitu dengan menggunakan Independent Sample t-Tes. Analisis data untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan SPSS versi 21.0 for windows dengan statistik parametrik, uji beda rata-rata (paired samples t-test dan Independent samples t-test), gain score dan perhitungan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah diberikan perlakuan menggunakan metode pembelajaran problem based learning dan metode pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dibuktikan dengan peningkatan nilai pada kelas eksperimen sebesar 12,83 > 10,00 untuk kelas kontrol dengan indeks N-Gain 0,421 untuk kelas eksperimen dan 0,260 untuk kelas kontrol. Penggunaan metode pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik lebih efektif dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Variabilitas peningkatan hasil belajar peserta didik pada kompetensi dasar mendeskripsikan akuntansi sebagai sistem informasi yang diperoleh oleh peserta didik selama proses pembelajaran sebesar 18,2% yang disebebkan oleh adanya perlakuan dari metode problem based learning. Sebagai akhir penelitian, penulis menyarankan kepada guru agar menciptakan suasana belajar yang efektif salah satunya dengan menggunakan metode pembelajaran problem based learning yang menuntut peserta didik mencari, menganalisis serta mengevaluasi untuk memecahkan masalah yang komplek khususnya pada mata pelajaran ekonomi guna meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci : Metode Pembelajaran Problem Based Learning, hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2017 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 12 Oct 2017 07:35 |
Last Modified: | 12 Oct 2017 07:35 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30602 |
Actions (login required)
View Item |