PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN PEMECAHAN MASALAH SERTA DAMPAK DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMKN 1 SUKALARANG

Siti Syifa Fajar Tirta Lestari, NPM. 158060034 (2017) PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN PEMECAHAN MASALAH SERTA DAMPAK DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMKN 1 SUKALARANG. Thesis(S2) thesis, unpas.

[img] Text
ARTIKEL SYIFA.docx

Download (37kB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran kemampuan pemahaman matematis, kemampuan pemecahan masalah siswa masih rendah, disposisi siswa masih kurang baik terhadap pembelajaran matematika. Sehingga untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan pembelajaran yang lebih memusatkan pada siswa agar lebih aktif dan kreatif dalam berpikir pada kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan pemahaman matematis, salah satunya yang diasumsikan dapat meningkatkannya yaitu dengan Pendekatan Scientific Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman matematis dan kemampuan pemecahan masalah dengan pembelajaran pendekatan scientific dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran langsung serta ingin mengetahui Disposisi belajar siswa Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode campuran (mixed method) tipe penyisipan (Embedded Design). Instrumen yang digunakan tes kemampuan pemahaman dan kemampuan pemecahan masalah siswa berupa soal uraian yang terdiri dari delapan butir soal selain itu juga diperkuat dengan angket, wawancara, dan lembar obeservasi untuk mendukung hasil tes. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI SMKN 1 SUKALARANG, sedangkan sampel diambil secara acak menurut kelas terpilih XI AP 1 sebagai kelas ekpserimen dan XI AP 2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi pembelajaran dengan pendekatan scientific dan kelas kontrol diberikan pembelajatan dengan menggunakan pembelajaran langsung Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, uji Anova dua jalur dan uji korelasi. Berdasarkan hasil analisis dan hasil pengolahan data diperoleh simpulan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman matematis dan kemampuan pemecahan masalah siswa lebih baik pada kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan scientific dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung serta disposisi belajar siswa lebih baik pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol Kata Kunci : Pembelajaran dengan Pendekatan Scientific, Kemampuan Pemahaman Matematis, Kemampuan Pemecahan Masalah, dan Disposisi

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2017
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 12 Oct 2017 07:10
Last Modified: 12 Oct 2017 07:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30597

Actions (login required)

View Item View Item