MAULANI DWI PRATIWI, 135030049 (2017) PEMBELAJARAN MEMBUAT PETA PIKIRAN DARI CERITA PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL INQUIRY PADA SISWA KELAS VII SMP PASUNDAN 2 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (385kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (466kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (611kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (265kB) | Preview |
Abstract
Menulis adalah suatu proses yang dilakukan serta dipergunakan oleh penulis untuk menuangkan ide atau gagasan kedalam suatu tulisan yang hendak disampaikan oleh penulis melalui media tulis. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran Inquiry. Model pembelajaran Inquiry merupakan salah satu model pembelajaran yang diperoleh melalui proses menuju pemahaman akan resolusi suatu masalah. Tujuan yang penulis ajukan adalah untuk mengetahui kemampuan penulis dalam melaksanakan pembelajaran membuat peta pikiran dalam cerpen dengan menggunakan model pembelajaran inquiry, dan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran inquiry yang digunakan dalam pembelajaran membuat peta pikiran dari cerpen pada siswa kelas VII SMP Pasundan 2 Bandung. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimanakah penulis melaksanakan pembelajaran membuat peta pikiran dari cerpen dengan menggunakan model Inquiry pada siswa kelas VII SMP Pasundan 2 Bandung? 2) Mampukah siswa kelas VII SMP Pasundan 2 Bandung membuat peta pikiran dari cerpen dengan menggunakan model Inquiry? 3) Efektifkah model Inquiry digunakan dalam pembelajaran membuat peta pikiran dari cerpen pada siswa kelas VII SMP Pasundan 2 Bandung. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian quasi experiment dengan desain pre experiment design jenis one group pretest and posttest design. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. 1) Penulis mampu melaksanakan pembelajaran membuat peta pikiran dari cerpen dengan menggunakan model Inquiry pada siswa kelas VII SMP Pasundan 2 Bandung. Hal ini terbukti dari nilai perencanaan dan pelaksanaan, penulis mendapatkan nilai rata-rata 3,78. 2) Siswa kelas VII SMP Pasundan 2 Bandung mampu mengikuti pembelajaran membuat peta pikiran dari cerita pendek dengan menggunakan model Inquiry. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata pretes 24,8, sedangkan nilai rata-rata posttest 71,9. Peningkatannya sebesar 47,1. 3) Penggunaan model Inquiry efektifdigunakan untuk siswa kelas VII SMP Pasundan 2 Bandung dalam pembelajaran membuat peta pikiran dari cerita pendek. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan statistik yang penulis lakukan, diperoleh thitung >ttabel, yakni 15,91 > 2,06 pada tingkat kepercayaan 95% dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan sebesar 25. Berdasarkan fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa penulis berhasil melakukan pembelajaran membuat peta pikiran dari cerita pendek dengan menggunakan model Inquiry. Kata Kunci: Peta Pikiran, Model Inquiry, Cerita Pendek
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2017 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 12 Oct 2017 04:30 |
Last Modified: | 12 Oct 2017 04:30 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30585 |
Actions (login required)
View Item |