PEMBELAJARAN MENGANALISIS TEKS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KREATIVITAS PADA SISWA KELAS XI SMA PASUNDAN 7 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

EKA RAHMAWATI, 135030015 (2017) PEMBELAJARAN MENGANALISIS TEKS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KREATIVITAS PADA SISWA KELAS XI SMA PASUNDAN 7 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB I-1 EKA.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB II- EKA.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB III EKA.pdf

Download (419kB) | Preview
[img] Text
13. BAB IV eka EKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
15. DAFTAR PUSTAKA EKA R.pdf

Download (90kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian dengan judul “Pembelajaran Menganalisis Teks Cerpen Dengan Menggunakan Model CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar dan Kreativitas pada Siswa Kelas XI SMA Pasundan 7 Bandung Tahun Pelajaran 2017/2018” ini bertujuan untuk mengetahui efektif atau tidaknya model CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) digunakan dalam pembelajaran menganalisis teks cerpen. Rumusan masalah yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Mampukah penulis melaksanakan pembelajran menganalisis Teks cerpen dengan menggunakan model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition ) pada siswa Kelas XI SMA Pasundan 7 Bandung? (2) Mampukah siswa kelas XI SMA Pasundan 7 Bandung menganalisis Teks cerpen? (3) Efektifkah model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) pada siswa kelas XI SMA Pasundan 7 Bandung? Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu, yaitu penelitian dengan hanya menggunakan satu kelompok sampel dan tidak ada kelompok lain sebagai pembanding. Pretes dan postes digunakan untuk mengukur kemampuan siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan yang berupa pembelajaran menganalisis teks cerpen Adapun hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menganalisis teks cerita pendek dengan menggunakan model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) pada siswa kelas XI SMA Pasundan 7 Bandung. Hal ini dapat dibuktikan dari rata-rata hasil penilaian perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,6. (2) Siswa kelas XI SMA Pasundan 7 Bandung mampu menganalisis teks cerita pendek dengan tepat dengan menggunakan model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition). Hal ini dapat dibuktikan dari rata-rata pretes yaitu 37,7 dan nilai rata-rata postes yaitu 73,4 yang berarti ada peningkatan sebesar 35,7atau setara dengan 12,3%. (3) model CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) pembelajaran menganalisis teks cerpen. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan statistik dengan hasil t hitung >ttabel yakni 11,92> 2,04. Dalam tingkatan kepercayaan 95% dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 29. Berdasarkan fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang penulis rumuskan dalam penelitian ini dapat diterima. Kata kunci : Teks Cerpen, CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 12 Oct 2017 03:03
Last Modified: 12 Oct 2017 03:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30576

Actions (login required)

View Item View Item