REKI RIZKI MAULIDA IBRAHIM, 105030046 (2017) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PIDATO BERDASARKAN FILM DI BALIK 98 DENGAN MENGGUNAKNAN METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS X SMA PASUNDAN 2 CIANJUR TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PIDATO BERDASARKAN FILM DI BALIK 98.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf Download (242kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89kB) | Preview |
Abstract
Menulis tekspidato adalah kegiatan merangkai kata kedalam tulisan bertujuan untuk mengajak atau menghimbau orang banyak.Metode mind mapping merupakan metode pembelajaran yang menghubungkan dari beberapa konsep yang ada dan saling berhubungan yang dituangkan kedalam sebuah petakonsep.Sehubungan dengan hal tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai Pembelajaran Menulis Teks Pidato Bedasarkan Tayangan Film Di Balik 98 dengan Menggunakan Metode Mind Mapping Pada Siswa Kelas X SMA PASUNDAN 2 Cianjur. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah; 1) Mampukah penulis menyampaikan materi dan melaksanakan Pembelajaran Menulis Teks Pidato Bedasarkan Film Di balik 98 Dengan Menggunakan Metode Mind Mapping?; 2) Mampukah siswa menulis tekspidato bedasarkan film di balik 98 dengan menggunakan metode Mind Mapping?; 3) Apakah metode Mind Mapping efektif dalam pembelajaran menulis teks pidato bedasarkan film di balik 98? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penulis, kemampuan siswa dan ketepatan metode Mind Mapping dalam pembelajaran menulis teks pidato bedasarkan tayangan film di balik 98. Hipotesis yang penulis rumuskan yaitu; 1) Penulis mampu melaksanakan pembelajaran menulis teks pidato bedasarkan film dibalik 98 pada siswakelas X SMA Pasundan Cianjur dengan menggunakan metode Mind Mapping; 2) Siswa kelas X mampu menulis teks pidato dalam pembelajaran menulis teks pidato dengan metode mind mapping pada siswa kelas X SMA Pasundan 2 Cianjur; 3) Metode Mind mapping efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks pidato. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen dengan teknik penelitian telaah pustaka, observasi, tes, dan teknis analisis. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. 1. Penulis mampu melaksanakan pembelajaran menulis teks pidato bedasarkan film dibalik 98 pada siswa kelas X SMA Pasundan Cianjur dengan menggunakan metode Mind Mapping. Hal ini terbukti dari hasil nilai perencanaan 3,82 dan pelaksanaan sebesar 3,76. 2. Siswa kelas X mampu menulis tekspidato dalam pembelajaran menulis teks pidato dengan metode mind mapping pada siswa kelas X SMA Pasundan 2 Cianjur. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata prates dengan rata-rata sebesar 4,03 dan hasil pascates dengan rata-rata sebesar 6,45. Perbedaan ini menunjukkan selisih 2,42, sehingga menghasilkan peningkatan dari prates dan pascates sebesar 2,42 atau setara dengan 9,21% 3. Metode Mind mapping efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks pidato dalam pembelajaran menulis tekspidato bedasarkan tayangan film di balik 98 pada siswa kelas X SMA Pasundan 2 Cianjur. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasilthitung>ttabel, yakni 22,39> 20,47 dalam tingkatan kepercayaan 95% dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 21. Berdasarkan fakta-fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang penulis rumuskan dalam penelitian ini dapat diterima. Kata Kunci: tekspidato, menulis, metode mind mapping, pembelajaran
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 11 Oct 2017 07:05 |
Last Modified: | 11 Oct 2017 07:05 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30548 |
Actions (login required)
View Item |