PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE BERBASIS MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Negeri 2 Padalarang Tahun Pelajaran 2016/2017)

SAFITRI NURUL ZANNAH, 135020058 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE BERBASIS MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Negeri 2 Padalarang Tahun Pelajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (472kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Berbasis Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Negeri 2 Padalarang Tahun Pelajaran 2016/2017)”. Dengan latar belakang hasil belajar ekonomi di SMA Negeri 2 Padalarang. Banyak usaha yang dilakukan dalam rangka meningkatkan hasil belajar. Salah satu upayanya yaitu adalah melakukan pengajaran dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle yang berbasis media audio visual. Alasan tersebut diupayakan agar prestasi siswa meningkat dan siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi antara siswa kelas eksperimen yang pembelajarannya menggunakan model learning cycle berbasis media audio visual dengan siswa kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran awal, (2) Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi antara siswa kelompok eksperimen yang pembelajarannya menggunakan model learning cycle berbasis media audio visual dengan siswa kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional pada pengukuran akhir, (3) Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi pada siswa kelompok kelas eksperimen sebelum dan setelah proses pembelajaran dengan model learning cycle berbasis media audio visual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif metode eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengolahan data dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t berpasangan. Dengan menguji hipotesis berdasarkan hasil pengolahan teknik pengujian hipotesis dapat diketahui bahwa peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Rata-rata nilai tes akhir kelas kontrol adalah 72,78, sedangkan rata-rata nilai kelas eksperimen adalah 83,81. Peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dilihat dari N-gain yaitu sebesar 0.79 sedangkan kelas kontrol sebesar 0.65. Kesimpulan berdasarkan bukti dan hasil penelitian di atas hipotesis penelitian dapat teruji. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, untuk selanjutnya peneliti memberikan saran untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle yang dikemas secara menarik agar menarik minat belajar siswa. Kata Kunci : Model Pembelajaran Learning Cycle Berbasis Media Audio Visual

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 11 Oct 2017 06:33
Last Modified: 11 Oct 2017 06:33
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30543

Actions (login required)

View Item View Item