DESKA MARTIKA, 135020043 (2017) PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Survey Pasa Siswa IPS Kelas XI SMA Negeri 22 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
COVER DESKA M.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (419kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (436kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (666kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (191kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah masih kurangnya kemampuan berpikir kritis yang dimiliki oleh siswa IPS kelas XI SMA N 22 Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsep diri terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Berpikir kritis adalah sebuah proses sistematis yang memungkinkan siswa untuk merumuskan dan mengevaluasi keyakinan dan pendapat mereka sendiri. Berpikir kritis adalah sebuah proses yang terorganisasi yang memungkinkan siswa mengevaluasi bukti, asumsi, logika dan bahasa yang mendasari pernyataan orang lain. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu survey eksplanatory. Populasi penelitian ini adalah siswa IPS kelas XI SMA N 22 Bandung kemudian diambil sampel sebanyak 100 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu stratified random sampling, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Teknik pengumpulan data : angket, observasi dan studi pustaka. Pengolahan data menggunakan skala likert, uji validitas, uji reliabilitas, rancangan analisis data menggunakan regresi linear sederhana dan koefisien determinasi sederhana. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep diri berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Dari hasil penelitian dengan menggunakan SPSS 17 yang diperoleh persamaan regresi Y= 30,785 + 0,180 X artinya bahwa setiap ada satu peningkatan satu (satuan) konsep diri maka kemampuan berpikir kritis siswa akan meningkat sebesar 0,180. Kesimpulan berdasarkan data Gambaran konsep diri yang menunjukkan tingkat konsep diri siswa berada pada kategori sedang dengan persentase 77%, sedangkan 23% berada pada kategori baik. Hal ini memiliki arti bahwa konsep diri dari siswa berada pada kategori sedang, yang menggambarkan bahwa mayoritas konsep diri siswa IPS Kelas XI SMAN 22 Bandung berada pada tingkat sedang. Saran dari penelitian ini adalah agar siswa bisa mengembangkan konsep diri dan berkembangnya kemampuan berpikir kritis akan sejalan dengan perkembangan sumber daya manusia yang diharapkan dapat membangun bangsa ini kearah yang lebih baik. Kata Kunci: Konsep Diri, Kemampuan Berpikir Kritis.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 11 Oct 2017 04:34 |
Last Modified: | 11 Oct 2017 04:34 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30533 |
Actions (login required)
View Item |