Pindi Ratna Sari, 135020047 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMAN 20 BANDUNG TAHUN AJARAN 2016/2017 (Studi Kasus Pada Kelas XI IIS Pada Mata Pelajaran Ekonomi ). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
COVER.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (287kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (495kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (580kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di SMAN 20 Bandung Tahun Ajaran 2016/2017 (Studi Kasus Pada Kelas XI IIS Pada Mata Pelajaran Ekonomi). Tujuan dari penelitian ini adalah : (1). Untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran ceramah dan pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran discovery learning pada saat tes awal (pretest). (2). Untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran ceramah dan pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran discovery learning pada saat tes akhir (postest). (3). Untuk mengetahui peningkatan terhadap kemampuan berpikir siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran discovery learning dan pada kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran ceramah. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS SMAN 20 Bandung, tahun ajaran 2016/2017 yang keseluruhannya berjumlah 76 orang siswa, terdiri dari 2 (dua) kelas yaitu kelas XI IIS 1 sebagai kelas kontrol dan XI IIS 2 sebagai kelas eksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel independen (variabel bebas) yaitu model pembelajaran discovery learning (X) dan variabel dependen (variabel terikat) yaitu berpikir kritis siswa (Y). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes uraian (Pretes dan postes) studi pustaka dengan teknik pengolahan data uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, uji daya pembeda, uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan dua rerata (uji-t), uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitin ini menujukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen dibanding siswa kelas kontrol dalam menanggapi materi yang disampaikan dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning hal ini dapat dilihat dari nilai postest kelas eksperimen tertinggi yaitu 95 sedangkan nilai postest kelas kontrol tertinggi yaitu 85. Pengujian Hipotesis (Uji-t) postest dapat dilihat bahwa nilai probabilitas signifikan atau p-valuenya adalah 0,019 atau lebih kecil dari 0,05 atau 5% yang artinya hipotesis yang berbunyi model pembelajaran discovery learning (X) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa (Y) di SMAN 20 Bandung tahun ajaran 2016/2017 pada kelas XI IIS pada mata pelajaran ekonomi. . Hal ini dilihat dari hasil pengolahan data menggunakan program SPSS 16,0. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada guru diharapkan dapat menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dalam menyampaikan materi kepada siswa karena dapat membantu siswa untuk berkembang menjadi aktif, kreatif, dan inovatif. Kata Kunci : Model Pembelajaran Discovery Learning dan Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 11 Oct 2017 03:58 |
Last Modified: | 11 Oct 2017 03:58 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30530 |
Actions (login required)
View Item |