Yanti Fornita Tampubolon, 135020109 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP BERFIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IPS 1 DI SMA 15 BANDUNG (Sub Tema Koperasi Tahun Ajaran 2016/2017 ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak BI.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (273kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (386kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (914kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (9kB) | Preview |
Abstract
Peneliti mengajukan judul untuk penelitian ini yaitu “Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation Terhadap Berfikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS 1 di SMA Negeri 15 Bandung”. Tujuan penelitian ini antara lain, (1) mengetahui Cooperative Learning tipe group investigastion pada pembelajaran koperasi mata pelajaran ekonomi di kelas X IPS 1 SMAN 15 Bandung. (2) mengetahui berfikir kritis siswa kelas X IPS 1 SMAN 15 Bandung setelah diterapkannya model pembelajaran cooperative learning tipe group investigation pada pembelajaran koperasi mata pelajaran ekonomi kelas X IPS1 di SMAN 15 Bandung, (3) Menguji ada tidaknya pengaruh penerapan model cooperative learning tipe group investigation terhadap berfikir kritis siswa kelas X IPS1 SMAN 15 Bandung. Untuk membahas perumusan masalah tersebut dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian yang digunakan adalah metode survey (angket) melalui angket pupulasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 12 di SMAN 15 Bandung. Analisi instrumen meliputi analisis validitas dan realibilitas, dengan teknik pengolahan data analisis korelasi product moment, analisis regresi, dan analisis koefisien determinasi/uji besar pengaruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) 4,34 (81,21%) atau sebagian besar siswa di kelas X IPS 1 SMAN 15 Bandung memahami dan mengerti materi ajar koperasi setelah menggunakan model pemebelajaran cooperative learning tipe group investigation . 2) rata-rata bobot sebesar 4,07 dengan persentase 81,5%. Hal ini mengindikasikan bahwa hampir seluruhnya siswa kelas X IPS 1 SMAN 15 Bandung berfikir kritis pada saat pembelajaran koperasi setelah diterapkan model pembelajaran cooperative learning tipe group investigation. 3) terdapat pengaruh positif antara model pembelajaran cooperative learning tipe group investigation terhadap peningkatan berfikir kritis siswa. Hal in berdasarkan pada persamaan regresi Y=21,533+0,51 X. Penulis berkesimpulan bahwa pengaruh antara model pembelajaran cooperative learning tipe group investigation terhadap berfikir kritis siswa sebesar 35%. yang berarti 35% berfikir kritis siswa dipengaruhu model pembelajaran cooperative learning tipe group investigation dan 65% dipengaruhu faktor lain. Kata Kunci: model pembelajaran cooperative learning tipe group investigation , Pembelajaran koperasi, berfikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2017 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 09 Oct 2017 07:45 |
Last Modified: | 09 Oct 2017 07:45 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30482 |
Actions (login required)
View Item |