Arsi Yuliandini, 135020052 (2017) MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL LEARNING DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA KELAS X DI SMA PASUNDAN 7 BANDUNG (Studi Quasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas X IPS SMA Pasundan 7 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
COVER.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (250kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (565kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (87kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul Model Pembelajaran Reciprocal Learning Dalam Meningkatkan Aktivitas Siswa Kelas X Di SMA Pasundan 7 Bandung (Studi Quasi Eksperimen Kelas X di SMA Pasundan 7 Bandung). Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui aktivitas siswa saat tes awal (pretest) sebelum menggunakan model pembelajaran konvensional pada kelas kontrol dan model pembelajaran reciprocal learning pada kelas eksperimen (2) Untuk mengetahui peningkatan aktivitas siswa saat tes akhir (posttest) pada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional dan pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran reciprocal learning. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan soal pilihan ganda sebanyak 20 butir soal dengan teknik pengolahan data menggunakan uji validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran. Setelah dilakukan penelitian melalui tes awal sebelum menggunakan model pembelajaran reciprocal learning diperoleh hasil rata-rata adalah 49,50 dan berada pada kategori rendah. Kemudian dilaksanakan tes akhir setelah menggunakan model pembelajaran reciprocal learning diperoleh nilai rata-rata hasil tes siswa kelas X IPS 1 adalah 65,25 dengan kategori sedang. Pengalaman yang diperoleh siswa pada saat mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal learning melatih pemahaman siswa terhadap materi pelajaran, siswa akan terlatih untuk disiplin, sebagai latihan untuk bersikap teliti dan kritis serta merangsang siswa untuk berpikir efektif. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran agar sekolah menggunakan model dan media yang tepat. Kepada siswa lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran. Kepada guru sebaiknya menggunakan model pembelajaran reciprocal learning sebagai alternatif dalam pembelajaran. Dan kepada peneliti selanjutnya hendaknya meneliti permasalahan ini secara lebih mendalam dan dengan sampel yang lebih besar serta materi yang berbeda. Kata kunci : reciprocal learning, meningkatkan aktivitas siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 09 Oct 2017 03:35 |
Last Modified: | 09 Oct 2017 03:35 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30423 |
Actions (login required)
View Item |