TAMMI UTAMI, 135040125 (2017) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP SISWA SMA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
01. COVER SKRIPSI.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text
07. ABSTRAK.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
09. BAB I.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB II.pdf Download (305kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB III.pdf Download (332kB) | Preview |
|
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB) |
||
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
||
|
Text
14. DAPUS.pdf Download (162kB) | Preview |
Abstract
Tammi Utami 2017. Implementasi Model Pembelajaran Concept Attainment Terhadap Peningkatan Penguasan Konsep Siswa SMA Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Pembimbing 1 Drs. Otang Hidayat, M.Pd. dan Pembimbing 2 Drs. Yusuf Ibrahim, M.Pd., M.P. Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan penguasaan konsep siswa menggunakan model pembelajaran Concept Atainment. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi pencemaran lingkungan, sedangkan bagi guru dan sekolah sebagai bahan pertimbangan alternatif untuk menerapkan model pembelajaran Concept Atainment di dalam kelas. Subjek penelitian yaitu kelas X MIPA di SMAN 6 Bandung. Subjek yang dijadikan sebagai sampel adalah siswa sebanyak 31 orang. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan Kuantitatif dengan metode penelitian Pre-Experimental Designs (nondesigns), yaitu penelitian yang mendekati percobaan sesungguhnya dimana tidak mungkin mengadakan kelas kontrol. Desain penelitian yaitu one group pretest-posttest. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan uji normalitas berupa chi-kuadrat (X 2 ), uji homogenitas berupa uji varians (F), uji hipotesis berupa uji t berpasangan, dan analisis N-Gain. Nilai rata-rata pretest adalah 37,50. Kemudian nilai rata-rata posttest setelah menggunakan model Concept Atainment adalah 78,54. Dari data hasil penelitian, menunjukan bahwa t hitung > ttabel pada tahap kepercayaan 95%, yakni 24,43 > 2,04. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang nyata atau signifikan antara pretest dan posttest dengan penggunaan model pembelajaran Concept Atainment pada materi pencemaran lingkungan. Selain itu besarnya peningkatan antara pretest dan posttest ditunjukan dari N-Gain sebesar 0,66 yang tergolong dalam kriteria sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Concept Atainment dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa SMAN 6 Bandung pada materi pencemaran lingkungan. Kata kunci: Model Pembelajaran Concept Atainment,Penguasaan Konsep, Materi Pencemaran Lingkungan
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 07 Oct 2017 07:25 |
Last Modified: | 07 Oct 2017 07:25 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30411 |
Actions (login required)
View Item |