PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP SIKAP KEWIRAUSAHAAN (Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas X IPS SMAN 15 Bandung Tahun Ajaran 2016/2017)

Ayu Amalia, 135020079 (2017) PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP SIKAP KEWIRAUSAHAAN (Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas X IPS SMAN 15 Bandung Tahun Ajaran 2016/2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK 3bahsa.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II edit.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III edit.pdf

Download (342kB) | Preview
[img] Text
BAB IV edit.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (631kB)
[img] Text
BAB V kesimpulan dit.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (11kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Judul penelitian ini adalah “PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP SIKAP KEWIRAUSAHAAN (Studi Kuasi Survei Pada Siswa Kelas XI IPS-1 di SMA Negeri 15 Bandung)” Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah; 1) Berapa besar pengaruh pendidikan terhadap sikap kewirausahaan ? 2) Berapa besar pengaruh pelatihan terhadap sikap kewirausahaan ? 3) Seberapa besar pengaruh siswa XI IPS-1 di SMAN 15 Bandung berminat pada pendidikan dan pelatihan kewirausahaan ? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab rumusan masalah yang penulis ajukan. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan bentuk kuasi survei, peneliti menggunakan bentuk penelitian kuasi survei dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan dan pelatihan sikap berwirausaha. Maka metode penelitian yang peneliti gunakan adalah regresi linear berganda. Bentuk penelitian kuasi survei adalah analisis legresi linier berganda digunakan untuk mengetahui pengaruh dari variabel independen yaitu pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap sikap kewirausahaan. Penelitian ini dilakukan pada kelas XI IPS-1di SMAN 15 Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan (X1) memperoleh 87,2% dan pelatihan (X2) memperoleh 79,6% di SMAN 15 Bandung.Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan dan pelatihan kewirausahaan di SMAN 15 Bandung cukup mendukung terbentuknya sikap kewirausahaan dikalangan siswa. Berdasarkan hasil penelitian, pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap sikap kewirausahaan sangat baik karena terdapat, Pendidikan dan pelatihan kewirausahaan berpengaruh positif 84,66% terhadap sikap kewirausahaan siswa SMAN 15 Bandung angkatan 2016/2017. Sebagai akhir penelitian, penulis menyarankan kepada guru Pembelajaran kewirausahaan tidak cukup hanya dilaksanakan dalam ruangan dan teori-teori saja, proses pembelajaran untuk mengubah sikap dan pola pikir siswa harus disertai praktek langsung bagaimana berwirausaha. Dengan demikian siswa yang telah menempuh pembelajaran kewirausahaan akan memiliki nilai-nilai hakiki dan karakteristik kewirausahaan mereka pada saat menjadi wirausaha. Tingginya sikap kewiraushaan akan melahirkan enterpreneurship-enterpreunership muda yang memiliki visi dan misi yang jelas di masa depan, kreativitas serta inovasi yang tinggi dalam segala bidang. Mereka akan menjadi lebih mandiri, kreatif, dan inovatif dalam menciptakan peluang bisnis baru dan penemuan-penemuan baru. Masalah pengangguran terdidik akan dapat teraratasi karena keluaran (output) dari hasil pendidikan dan pelatihan kewirausahaan oleh calon-calon enterpreneur mueda berbakat yang tidak lagi menjadi pencari kerja (job seeker) tetapi telah menjadi pencipta lapangan kerja (job maker).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 07 Oct 2017 07:22
Last Modified: 07 Oct 2017 07:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30410

Actions (login required)

View Item View Item