Vivi Tamala, 135060194 (2017) PENGGUNAAN MODEL INQUIRY TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PEMANFAATAN KEKAYAAN ALAM DI INDONEISA (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Buah Batu Baru Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
COVER.PDF Download (19kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak 3 bahasa pdf.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I pdf.PDF Download (229kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II pdf.PDF Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III pdf.PDF Download (579kB) | Preview |
|
Text
BAB IV pdf.PDF Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V pdf.PDF Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
||
|
Text
DAFTAR_PUSTAKA pdf.PDF Download (90kB) | Preview |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di kelas IV SDN Buah Batu Baru Kecamatan Lengkong Kabupaten Bandung dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini peneliti mengambil Tema Kayanya Negeriku Subtema Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia dengan penggunaan model Inquiri Terbimbing. Objek penelitiannya adalah peserta didik kelas IV SDN Buah Batu Baru dengan jumlah peserta didik 37 yang terdiri atas 19 laki-laki dan 18 perempuan. Instrumen penelitian yang dipakai berupa tes peningkatan hasil belajar yang terdiri dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotor, diantaranya lembar pretest dan postest, lembar observasi sikap percaya diri dan tanggung jawab, lembar observasi kemampuan berkomunikasi dan keterampilan mencari Informasi, lembar LKPD. Pengolahan data dan pengumpulan data berdasarkan dari data yang didapatkan pada instrument tersebut. Hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan objek peserta didik kelas IV dengan menggunakan model inquiry terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa dari setiap siklusnya. Pada Siklus I sebesar 69,5% peserta didik mencapai KKM, siklus ke II terdapat peningkatan sebesar 73% dan siklus III sebesar 89%. Nilai rata-rata yang didapat mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 2,78 (Cukup), dan siklus II sebesar 2,92 (baik) dan siklus III sebesar 3,60 (sangat baik). Dari data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model inquiry terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar siswa Pada Subtema Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia Kata Kunci : Model Inquiry Terbimbing, sikap percaya diri, sikap tanggung jawab, Keterampilan mencari informasi, Kemampuan berkomunikasi, dan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 06 Oct 2017 09:13 |
Last Modified: | 06 Oct 2017 09:13 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30379 |
Actions (login required)
View Item |