PUTRI RAHAYU, 135010007 (2017) PERANAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN MORAL PESERTA DIDIK (Studi Deskriptif di SMA Pasundan 3 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
COVER SKRIPSI PUTRI BENAR.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (145kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (15kB) | Preview |
Abstract
Kecerdasan moral adalah kemampuan memahami hal yang benar dan yang salah, artinya memiliki keyakinan etika yang kuat dan bertindak berdasarkan keyakinan tersebut, sehingga orang bersikap benar dan terhormat. Kecerdasan moral seseorang sangat mempengaruhi kepribadiannya. Jika seseorang memiliki kecerdasan moral yang baik, maka orang tersebut cenderung akan memiliki pribadi yang baik. Karena pembentukan kepribadian diawali dengan pengembangan kecerdasan moral. Rumusan masalah yang peneliti ajukan adalah; 1) Bagaimana peranan guru pendidikan kewarganegaraan dalam mengembangkan kecerdasan moral peserta didik?, 2) Apa faktor yang mempengaruhi kecerdasan moral peserta didik?, 3) Bagaimana langkah guru pendidikan kewarganegaraan dalam mengembangkan kecerdasan moral peserta didik?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan guru pendidikan kewarganegaraan dalam mengembangkan kecerdasan moral peserta didik, mengetahui faktor yang mempengaruhi kecerdasan moral Peserta Didik, mengetahui langkah-langkah yang dilakukan guru pendidikan kewarganegaraan dalam mengembangkan kecerdasan moral peserta didik. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode deskriptif dengan teknik observasi dan wawancara. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut, 1. Peran guru sebagai pendidik merupakan peran yang berkaitan dengan tugas -tugas memberi dorongan, pengawasan dan pembinaan serta tugas-tugas yang berkaitan dengan mendisiplinkan peserta didik agar peserta didik itu menjadi patuh terhadap aturan-aturan sekolah dan norma hidup dalam keluarga dan masyarakat. Tugas-tugas ini berkaitan dengan meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan peserta didik untuk memperoleh pengalaman-pengalaman lebih lanjut. 2. Ada dua faktor yang mempengaruhi kecerdasan moral peserta didik yaitu faktor internal dan eksternal. 3. Guru pendidikan kewarganegaraan dapat memberikan pendidikan moral yang bertujuan membantu peserta didik untuk mengenali nilai-nilai dan menempatkannya secara integral dalam konteks keseluruhan hidupnya. Hal ini berarti pendidikan moral di maksudkan untuk membantu peserta didik untuk dapat mengaktualisasikan diri dengan tepat yang berorientasi dalam pedoman atau aturan yang baik dan benar yang manusiawi. Kata Kunci : Peran Guru, Kecerdasan Moral
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 05 Oct 2017 07:05 |
Last Modified: | 05 Oct 2017 07:05 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30304 |
Actions (login required)
View Item |