Tri Ayu Lestari, 135010004 (2017) PERAN GURU PPKn DALAM UPAYA MENINGKATKAN DISIPLIN PESERTA DIDIK (Studi Deskriptif Kelas X SMK Negri 1 Rengasdengklok). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
1. COver.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB I.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB II.pdf Download (433kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB III.pdf Download (270kB) | Preview |
|
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (309kB) |
||
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
||
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (194kB) | Preview |
Abstract
Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal merupakan komponen yang sangat penting dalam mengembangkan sikap disiplin peserta didik. Secara sederhana disiplin dapat diartikan sebagai sikap patuh, taat dan tertib t erhadap peraturan yang berlaku. Penelitian ini didasarkan atas empat rumusan masalah yaitu 1) Bagaimana kondisi kedisiplinan peserta didik ; 2) Bagaimana peran guru PPKn dalam meningkatkan disiplin Peserta didik; 3) Apa yang menjadi kendala guru PPKn dalam meningkatkan disiplin Peserta didik; 4) Bagaiman upaya guru PPKn mengatasi kendala-kendala dalam meningkatkan disiplin Peserta didik. Pendekatan yang digunakan untuk menjawab permasalahan tersebut adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan metode yang digunakan adalah studi deskriptif. Teknik Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, studi dokumentasi dan studi literatur. Peneliti mengungkapkan bawa 1) Kondisi kedisiplinan siswa di SMK Negri 1 Rengasdengklok, kabupaten Karawang sudah baik; 2) Peran guru PPKn dalam upaya meningkatkan disiplin peserta didik di sekolah terlebih dahulu merencanakan proses pembelajaran dengan dilengkapi nilai, moral, norma, serta aspek gognitif, apektif, psikomoto, kegiatan pembelajaran di kelas, dan evaluasi pembelajaran; 3) Kendala yang dihadapi guru PPKn dalam upaya meningkatkan disiplin peserta didik yaitu dari peserta didik sendiri karena mereka belum terbiasa dengan lingkungan yang baru, belum adanya kesadaran pada diri peserta didik akan arti kedisiplinan sehingga peserta didik bersikap acuh; 4) Upaya guru PPKn dalam mengatasi kendala-kendala dalam meningkatkan disiplin Peserta didik adalah bekerjasama sama denengan seluruh warga sekolah dalam merazia dan Memberikan keteladanan, pembiasaan prilaku yang baik dari guru, membeikan motivasi kepada peserta didik tentang arti penting kedisiplinan.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 04 Oct 2017 01:38 |
Last Modified: | 04 Oct 2017 01:38 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30190 |
Actions (login required)
View Item |