NURUL ULFA PARIDA, 135030073 (2017) PEMBELAJARAN MENJELASKAN TEKS DESKRIPSI BERORIENTASI PADA TEMPAT WISATA SECARA VISUAL MENGGUNAKAN METODE PETA PIKIRAN DI KELAS VII SMPN 39 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
COVER.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (408kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (289kB) | Preview |
Abstract
Teks deskripsi adalah tulisan yang menggambarkan hal yang diceritakan oleh penulis yang membuat pembaca dapat membayangkannya. Metode peta pikiran adalah penggabungan konsep yang dapat mengasah otak karena didalamnya terdapat konsep-konsep yang berkesinambungan. Berdasarkan hal tersebut, penulis berminat untuk melakukan penelitian mengenai “Pembelajaran menjelaskan teks deskripsi berorientasi pada tempat wisata secara visual dengan menggunakan peta pikiran di kelas VII SMPN 39 Bandung Tahun Pelajaran 2017/2018”. Penulis merumuskan masalah mengenai penelitian, yaitu: 1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai menjelaskan teks deskripsi berorientasi pada tempat wisata secara visual dalam bentuk peta pikiran dengan tepat pada pesera didik kelas VII SMPN 39 Bandung? 2) Mampukah peserta didik menjelaskan teks deskripsi berorientasi pada tempat wisata secara visual dalam bentuk peta pikiran dengan benar pada kelas VII SMPN 39 Bandung? 3) Efektifkah model peta pikiran digunakan dalam menjelaskan teks deskripsi berorientasi pada tempat wisata secara visual dalam bentuk peta pikiran pada peserta didik kelas VII SMPN 39 Bandung? Dalam hasil penelitian ini nilai rata-rata RPP penulis adalah 82. Selanjutnya, nilai rata-rata prates adalah 0 dengan nilai tertinggi dan terendah adalah 0 oleh 22 orang peserta didik. Dalam nilai pascates mendapat peningkatan dengan nilai rata-rata 63.3. Nilai tertinggi untuk pascates sebesar 88 dan nilai terendah adalah 32. Penulis menyimpulkan bahwa penelitian pembelajaran menjelaskan teks deskripsi berorientasi pada tempat wisata dengan menggunakan metode peta pikiran di kelas VII SMPN 39 Bandung, telah dilaksanakan dan berhasil dengan baik. Kata kunci: Pembelajaran, menjelaskan, teks deskripsi, metode peta pikiran.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 02 Oct 2017 08:02 |
Last Modified: | 02 Oct 2017 08:02 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30151 |
Actions (login required)
View Item |