KHOERUNNISA, 135030143 (2017) PEMBELAJARAN MENGONTRUKSI PERMASALAHAN, SUDUT PANDANG, ARGUMEN, DAN SIMPULAN DALAM BERDEBAT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL DI KELAS X SMA PURAGABAYA BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
00. COVER.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
04. ABSTRAK B. IND0NESIA.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text
05. ABSTRAK B. INGGRIS.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
06. ABSTRAK SUNDA.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB I.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB II.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB III.pdf Download (226kB) | Preview |
|
Text
16. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
17. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) |
||
|
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89kB) | Preview |
Abstract
Menulis merupakan suatu kegiatan penyampaian pesan dari sebuah gagasan yang dijadikan sebagai alat komunikasi dengan menggunakan lambang-lambang tulisan. Media audiovisual adalah merupakan media yang menghasilkan gambar dan suara sehingga dapat didengar dan dilihat. Berkaitan den gan penjelasan di atas, penulis tertarik untuk melakukan penelitian “Pembelajaran Mengontruksi Permasa-lahan, Sudut Pandang, Argumen, dan Simpulan dalam Berdebat dengan Mengguna-kan Media Audiovisual di Kelas X SMA Puragabaya Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017”. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah; (1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mengontruksi permasala-han, sudut pandang, argumen, dan simpulan dalam berdebat dengan menggunakan media audiovisual di kelas X SMA Puragabaya Bandung?; (2) Mampukah peserta didik kelas X SMA Puragabaya Bandung mengontruksi permasalahan, sudut pan-dang, argumen, dan simpulan dalam berdebat dengan menggunakan media audi -ovisual dengan tepat?; dan (3) Efektifkah media audiovisual digunakan dalam pem-belajaran mengontruksi permasalahan, sudut pandang, argumen, dan simpulan da-lam berdebat di kelas X SMA Puragabaya Bandung?. Metode penelitian yang penu -lis gunakan adalah metode eksperimen semu dengan teknik penelitian telaah pus -taka, observasi, uji coba, tes, dan analisis. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan keberhasilan. Keberhasilan pertama dapat dibuktikan dari hasil peni-laian guru bahasa indonesia mengenai perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Hasil rata-rata nilai perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,6 dan 3,5. Keberhasilan kedua dapat dibuktikan dari hasil nilai rata-rata pretes sebesar 50,26 dan nilai rata-rata postes sebesar 76,14, sedangkan selisih pretes dan postes yaitu sebesar 25,85. Keberhasilan ketiga dapat terbukti dari hasil perhitungan statistik de-ngan hasil menunjukkan > , yakni 6,78 > 2,04 dalam tingkat keperca-yaan 95% dengan derajat kebebasan 26. Dengan demikian, penulis menyimpulkan penelitian tersebut menunjukkan keberhasilan. Kata Kunci: pembelajaran, mengontruksi, permasalahan, sudut pandang, argumen, simpulan, debat, media audiovisual
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 02 Oct 2017 07:47 |
Last Modified: | 02 Oct 2017 07:47 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30150 |
Actions (login required)
View Item |