RESTU PUJI PANGESTIKA, 135050014 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (SQ4R) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN ADVERSITY QUOTIENT MATEMATIS SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
0. COVER.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (349kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (603kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (259kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) terhadap kemampuan berpikir kritis dan Adversity Quotient matematis dan apakah terdapat hubungan antara Adversity Quotient dengan kemampuan berpikir kritis matematis. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah desain kelompok kontrol non-ekivalen. Populasi dalam penelitian ini adalah adalah siswa kelas X SMA Pasundan 3 Bandung. Adapun sampel dalam penelitian ini dipilih menggunakan teknik sampling purposive yaitu siswa kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang pembelajarannya menggunakan model Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) dan siswa kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol yang pembelajarannya menggunakan model konvensional. Masalah yang diteliti yaitu kemampuan berpikir kritis matematis siswa dan Adversity Quotient matematis siswa terhadap pembelajaran matematika dengan model pembelajaran SQ4R. Berdasarkan analisis data hasil penelitian menunjukan bahwa (1) kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran matematika melalui model Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional; (2) Adversity Quotient matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran matematika melalui model Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional; (3) terdapat hubungan antara Adversity Quotient dengan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) dan tidak terdapat hubungan antara Adversity Quotient dengan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran konvensional. Dengan demikan model pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R) dapat dijadikan salah satu alternative bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Kata kunci: Berpikir Kritis Matematis, Adversity Quotient Matematis, Model Pembelajaran Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review (SQ4R).
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 29 Sep 2017 07:43 |
Last Modified: | 29 Sep 2017 07:43 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30111 |
Actions (login required)
View Item |