IONA LISA NDAKULARAK, 135050030 (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIK SISWA SMK. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
cover skripsi.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (145kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I revisi.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II revisi.pdf Download (760kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III revisi.pdf Download (686kB) | Preview |
|
Text
BAB IV revisi.pdf Restricted to Repository staff only Download (834kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (265kB) | Preview |
Abstract
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran pokok yang diajarkan di setiap jenjang pendidikan. Kemampuan pemecahan masalah matematik sangat diperlukan siswa dalam memahami matematika. Namun kemampuan pemecahan masalah matematik siswa ternyata masih rendah. Guru dalam menyampaikan materi terasa monoton, sehingga siswa kurang aktif dan kurang dapat menyampaikan ide-ide mereka. Salah satu alternatif pembelajaran yang di harapkan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik adalah pembelajaran menggunakan multimedia interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang mendapatkan pembelajaran menggunakan multimedia interaktif lebih baik dibandingkan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional; 2) Untuk mengetahui apakah disposisi matematik siswa yang mendapatkan pembelajaran menggunakan multimedia interaktif lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Menurut metodenya, penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan desainya menggunakan kelompok kontrol pretes-postes. Populasi penelitian ini adalah semua kelas XI SMK Bakti Nusantara 666 Bandung tahun ajaran 2016/2017. Adapun sampel penelitian ini adalah kelas XI SMK Bakti Nusantara 666 Bandung sebanyak dua kelas yang dipilih secara acak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes tipe uraian kemampuan pemecahan masalah dan skala disposisi matematik yang menggunakan model Skala Likert. Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan: 1) Kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang mendapatkan pembelajaran menggunakan Multimedia Interaktif lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran konvensional; 2) Disposisi matematik siswa yang mendapatkan pembelajaran menggunakan Multimedia Interaktif lebih baik dibandingkan dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran konvensional. Kata kunci: Pemecahan Masalah Matematik, Multimedia Interaktif, Disposisi Matematik.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 29 Sep 2017 07:27 |
Last Modified: | 29 Sep 2017 07:27 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30108 |
Actions (login required)
View Item |