ESAH RINDAYANI, 135050026 (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA SMK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, READ, RETICE, REFLECT, REVIEW (SQ4R). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
SAMPUL(1).pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I fix.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III fixx.pdf Download (486kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (548kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (111kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan model pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Reflect, Review (SQ4R) terhadap peningkatan kemampuan koneksi matematis dan Self-Regulated Learning (SRL) siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah desain kelompok kontrol pretes-postes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Nasional Bandung. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-TKJ sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X-MMD sebagai kelas kontrol yang dipilih secara purposive sampling. Masalah yang diteliti yaitu peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa serta SRL siswa terhadap pembelajaran matematika dengan model pembelajaran SQ4R. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes kemampuan koneksi matematis dan angket skala SRL. Instrumen tes kemampuan koneksi matematis siswa diujicobakan terlebih dahulu sehingga memenuhi prasyarat untuk digunakan dalam penelitian ini, begitu pula dengan angket SRL yang diujicobakan dengan mengubah data skala kualitatif ke dalam data Methode of Successive Interval (MSI) terlebih dahulu. Analisis data kuantitatif menggunakan teknik independent sample t-test sedangkan analisis data skala sikap terlebih dahulu diubah menjadi data kuantitatif lalu dianalisis menggunakan teknik one sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Reflect, Review lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran Problem Based Learning, 2) peningkatan Self-Regulated Learning siswa yang mendapatkan model pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Reflect, Review lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran Problem Based Learning. Dengan demikian model pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Reflect, Review dapat dijadikan salah satu alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Kata kunci: Model pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Reflect, Review (SQ4R), Kemampuan koneksi matematis, Model pembelajaran Problem Based Learning, Self-Regulated Learning.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 29 Sep 2017 06:54 |
Last Modified: | 29 Sep 2017 06:54 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30105 |
Actions (login required)
View Item |