PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA SMK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, READ, RETICE, REFLECT, REVIEW (SQ4R)

ESAH RINDAYANI, 135050026 (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN SELF-REGULATED LEARNING SISWA SMK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, READ, RETICE, REFLECT, REVIEW (SQ4R). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
SAMPUL(1).pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I fix.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III fixx.pdf

Download (486kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (548kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (111kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan model pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Reflect, Review (SQ4R) terhadap peningkatan kemampuan koneksi matematis dan Self-Regulated Learning (SRL) siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah desain kelompok kontrol pretes-postes. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Nasional Bandung. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-TKJ sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X-MMD sebagai kelas kontrol yang dipilih secara purposive sampling. Masalah yang diteliti yaitu peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa serta SRL siswa terhadap pembelajaran matematika dengan model pembelajaran SQ4R. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes kemampuan koneksi matematis dan angket skala SRL. Instrumen tes kemampuan koneksi matematis siswa diujicobakan terlebih dahulu sehingga memenuhi prasyarat untuk digunakan dalam penelitian ini, begitu pula dengan angket SRL yang diujicobakan dengan mengubah data skala kualitatif ke dalam data Methode of Successive Interval (MSI) terlebih dahulu. Analisis data kuantitatif menggunakan teknik independent sample t-test sedangkan analisis data skala sikap terlebih dahulu diubah menjadi data kuantitatif lalu dianalisis menggunakan teknik one sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Reflect, Review lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran Problem Based Learning, 2) peningkatan Self-Regulated Learning siswa yang mendapatkan model pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Reflect, Review lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran Problem Based Learning. Dengan demikian model pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Reflect, Review dapat dijadikan salah satu alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Kata kunci: Model pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Reflect, Review (SQ4R), Kemampuan koneksi matematis, Model pembelajaran Problem Based Learning, Self-Regulated Learning.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 29 Sep 2017 06:54
Last Modified: 29 Sep 2017 06:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30105

Actions (login required)

View Item View Item