PEMBELAJARAN MENYAMPAIKAN PENGAJUAN, PENAWARAN, PERSETUJUAN DAN PENUTUP DALAM TEKS NEGOSIASI YANG BERORIENTASI PADA PERMASALAHAN YANG TERJADI DI LINGKUNGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROBLEM BASED INTRUCTION PADA SISWA KELAS X SMA PASUNDAN 3 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

NENENG EVI SENTIAWATI, 135030099 (2017) PEMBELAJARAN MENYAMPAIKAN PENGAJUAN, PENAWARAN, PERSETUJUAN DAN PENUTUP DALAM TEKS NEGOSIASI YANG BERORIENTASI PADA PERMASALAHAN YANG TERJADI DI LINGKUNGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROBLEM BASED INTRUCTION PADA SISWA KELAS X SMA PASUNDAN 3 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK 3 BAHASA.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (382kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (809kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Berbicara merupakan kemampuan mengucapkan bunyi-bunyi artikulasi untuk mengekspresikan, menyatakan, menyampaikan pikiran, gagasan, dan perasaan. Semua siswa pasti memiliki potensi berbicara, yakni menyampaikan penawaran dan persetujuan dalam teks negosiasi. Penulis tertarik melakukan penelitian pembelajaran menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi seacara lisan dengan metode Problem Based Intruction pada siswa kelas X SMA Pasundan 3 Bandung. Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: (1) Apakah penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi secara lisan dengan metode Problem Based Intruction pada peserta didik kelas X SMA Pasundan 3 Bandung (2) Apakah peserta didik kelas SMA Pasundan 3 Bandung mampu melaksanakan kegiatan pembelajaran menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi dalam teks negosiasi secara lisan (3) Efektifkah metode Problem Based Intruction diterapkan dalam pembelajaran menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi terhadap peserta didik kelas X SMA Pasundan 3 Bandung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen yang pelaksanaannya menggunakan jenis eksperimen kuasi dengan desain the one group pretes-postes. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. 1. Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi dengan metode Problem Based Intruction pada peserta didik kelas X SMA Pasundan 3 Bandung. Hal ini terbukti dari hasil nilai perencanaan sebesar 2,8 dan pelaksanaan sebesar 2,8. 2. Peserta didik kelas X SMA Pasundan 3 Bandung mampu melaksanakan kegiatan pembelajaran menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi. Hal ini terbukti dari hasil nilai rata-rata pretes 81,82 dan nilai rata-rata postes sebesar 96,12. Jadi, adanya peningkatan14,3. 3. Metode Problem Based Intruction efektif diterapkan dalam pembelajaran menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi terhadap peserta didik kelas X SMA Pasundan 3 Bandung. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil t hitung > t tabel yaitu yaitu 3,72 > 0,06 pada tingkat kepercayaan 95%, dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan sebesar 16. Berdasarkan fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa penulis berhasil melakukan pembelajaran menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi dengan metode Problem Based Intruction. Kata kunci: Menyampaikan, Metode Problem Based Intruction, Teks negosiasi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 28 Sep 2017 06:27
Last Modified: 28 Sep 2017 06:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30084

Actions (login required)

View Item View Item