IIN NURLINA, 135020117 (2017) PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN EFIKASI DIRI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA DI SMK PASUNDAN 1 BANDUNG TAHUN AJARAN 2016/2017 (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X Jurusan Pemasaran). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDO.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (76kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT ING.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (275kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (13kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha Siswa di SMK Pasundan 1 Bandung Tahun Ajaran 2016/2017 (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X Jurusan Pemasaran)”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat berwirausaha dan rendahnya jumlah wirausahawan dikalangan pelajar ditambah pula dengan masih banyaknya siswa yang mempunyai mindset ingin bekerja setelah lulus sekolah dan hal ini menyebabkan banyaknya pengangguran di Indonesia. Sehingga penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pendidikan kewirausahaan dan efikasi diri pada siswa kelas X jurusan pemasaran di SMK Pasundan 1 Bandung terhadap minat berwirausaha. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling karena pengambilan anggota sampel dalam populasi dilakukan secara acak. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumennya. Penyebaran kuesioner dilakukan pada siswa kelas X SMK Pasundan 1 Bandung Jurusan Pemasaran dengan sample sebanyak 88 responden dan penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai kewirausahaan sebesar 2.826, efikasi diri sebesar 3.019, dan minat berwirausaha sebesar 1.487 yang artinya menunjukkan bahwa secara keseluruhan pendidikan kewirausahaan, efikasi diri, dan minat berwirausaha di SMK Pasundan 1 Bandung sudah baik. Setelah melakukan uji hipotesis maka diperoleh F tabel = 4,88 dan F hitung = 10,825 sehingga F hitung > F Tabel, tolak Ho terima Ha. Hal ini memberikan arti bahwa dengan kata lain pendidikan kewirausahaan dan efikasi diri berpengaruh signifikan secara simultan terhadap minat berwirausaha. Sehingga dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendidikan kewirausahaan dan efikasi diri berpengaruh baik secara parsial maupun simultan terhadap minat berwirausaha pada siswa SMK Pasundan 1 Bandung. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada sekolah dan guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengajaran kewirausahaan di sekolah. Dan untuk siswa diharapkan dapat memepersiapkan efikasi dirinya dalam memulai suatu usaha. Serta bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk lebih mendalami faktor-faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha dengan variabel dan metode lain. Kata kunci : Pendidikan Kewirausahaan, Efikasi Diri, Minat Berwirausaha.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2017 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 27 Sep 2017 07:52 |
Last Modified: | 27 Sep 2017 07:52 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30070 |
Actions (login required)
View Item |