PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DARI PANTUN YANG BERORIENTASI PADA PESAN DAN RIMA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TWO STAY TWO STRAY PADA SISWA KELAS VII SMP PASUNDAN 4 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

RIA ANDRIANI, 135030086 (2017) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DARI PANTUN YANG BERORIENTASI PADA PESAN DAN RIMA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TWO STAY TWO STRAY PADA SISWA KELAS VII SMP PASUNDAN 4 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK 3BAHASA.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 135030086 Ria Andriani.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II 135030086 Ria Andriani.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III 135030086 Ria Andriani.pdf

Download (481kB) | Preview
[img] Text
BAB IV 135030086 Ria Andriani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (782kB)
[img] Text
BAB V 135030086 Ria Andriani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img]
Preview
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pantun adalah puisi lama atau disebut juga puisi rakyat yang terikat oleh sajak/rima yang berpola a-b-a-b, memiliki empat larik/baris dalam setiap bait, larik pertama dan kedua berupa sampiran dan larik ketiga dan keempat merupakan isi. Setiap pantun menga ndung sebuah pesan dan rima. Metode Two Stay Two Stray adalah salah satu variasi metode pembelajaran kooperatif yang merupakan sistem pembelajaran kelompok dengan tujuan agar peserta didik saling bekerja sama, bertanggung jawab, dan berbagi informasi. Sehubungan dengan hal tersebut, penulis tertarik untuk melakukan penelitian Pembelajaran Mengidentifikasi Informasi dari Pantun yang Berorientasi pada Pesan dan Rima dengan Menggunakan Metode Two Stay Two Stray pada Siswa Kelas VII SMP Pasundan 4 Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017.Permasalahan yang penulis ajukan adalah; (1) Mampukah penulis melaksanakan kegiatan pembelajaran mengidentifikasi informasi dari pantun yang berorientasi pada pesan dan rima dengan menggunakan metode two stay two stray pada siswa kelas VII SMP Pasundan 4 Bandung? (2) Mampukah siswa kelas VII SMP Pasundan 4 Bandung dalam mengidentifikasi informasi dari pantun yang berorientasi pada pesan dan rima kata secara tepat? (3) Efektifkah metode two stay two stray digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi informasi dari pantun yang berorientasi pada pesan dan rima pada siswa kelas VII SMP Pasundan 4 Bandung? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan penulis dalam merencanakan dan menerapkan pem-belajaran mengidentifikasi informasi dari pantun yang berorientasi pada pesan dan rima dengan menggunakan metode two stay two stray pada siswa kelas VII SMP Pasundan 4 Bandung, untuk mengetahui kemampuan siswa kelas VII SMP Pasundan 4 Bandung dalam mengidentifikasi informasi dari pantun yang ber-orientasi pada pesan dan rima secara tepat, dan untuk mengetahui keefektifan metode two stay two stray yang digunakan. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode Pre-Experimental Design jenis The One Group Pretest Posttest dengan teknik penelitian telaah pustaka, uji coba, tes, dan analisis. Adapun hasil penelitiannya sebagai berikut. (1)Penulis mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran mengidentifikasi informasi dari pantun yang berorientasi pada pesan dan rima dengan menggunakan metode two stay two stray pada siswa kelas VII SMP Pasundan 4 Bandung. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil penilaian yang penulis peroleh yaitu 3,86 dengan kategori nilai sangat baik (A). (2)Peserta didik kelas VIID SMP Pasundan 4 Bandung mampu mengidentifikasi informasi dari pantun yang berorientasi pada pesan dan rima dengan menggunakan metode two stay two stray, dengan nilai rata-rata pretes adalah 18,95 dan nilai rata-rata postes adalah 77,14. Jadi, selisih nilai rata-rata pretes dan postes yaitu 58,19. (3)Dari hasil perhitungan statistik dan perhitungan taraf signifikan perbedaan dua mean antara nilai pretes dan nilai postes, diketahui , yakni 18,12 > 2,06 dalam tingkat kepercayaan 95%, taraf signifikan 5%, dan deraja t kebebasan 26. Berdasarkan fakta tersebut, penulis menyimpulkan bahwa semua hipotesis yang penulis rumuskan dalam penelitian ini dapat diterima. Kata Kunci: Pembelajaran, mengidentifikasi Informasi, pantun, pesan dan rima, metode pembelajaran two stay two stray.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 23 Sep 2017 04:32
Last Modified: 23 Sep 2017 04:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29885

Actions (login required)

View Item View Item