Ida Purwanti, 135020076 (2017) PENERAPAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Eksperimen pada Sub Tema Pasar Modal di Kelas XI IPS SMA PGRI 1 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
COVER.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (269kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (351kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (396kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (631kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (141kB) | Preview |
Abstract
Judul penelitian ini “PENERAPAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Eksperimen Pada Sub Tema Pasar Modal Pada Siswa Kelas XI IPS SMA PGRI 1 Bandung).” Permasalahan dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi.hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor eksternal salah satunya yaitu penggunaan media dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan multimedia pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi sub tema pasar modal kelas XI IPS di SMA PGRI 1 Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi eksperimen dengan menggunakan soal pre test dan post test sebagai alat pengumpulan data. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 dan XI IPS 3 di SMA PGRI 1 Bandung yang berjumlah 60 siswa. Hasil penelitian terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan multimedia pembelajaran dengan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Hal ini dibuktikan dariselisih hasil pretest dan posttest, pada kelas eksperimen dengan peningkatan nilai rata-rata sebesar 42,3, sedangkan kelas kontrol dengan peningkatan nilai rata-rata sebesar 9,3. Untuk hasil pengujian uji hipotesis dapat dibuktikan dengan nilai rata -rata N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,79 dengan interpretasi tinggi, sedangkan kelas kontrol sebesar 0,17 dengan interpretasi rendah, nilai kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan nilai kelas kontrol, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan multimedia pembelajaran dengan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional, karena kelas eksperimen mencapai peningkatan hasil belajar yang lebih besar dari pada kelas kontrol. Kata Kunci :Multimedia pembelajaran, Hasil Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 23 Sep 2017 03:59 |
Last Modified: | 23 Sep 2017 03:59 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29879 |
Actions (login required)
View Item |