FATIYA TRISAPUTRI, 135050049 (2017) PENGARUH PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN SELF REGULATED LEARNING MATEMATIS SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
COVER.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (385kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (494kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (87kB) | Preview |
Abstract
Salah satu aspek yang perlu dikembangkan dalam pembelajaran matematika yaitu kemampuan komunikasi. Namun kemampuan komunikasi matematis siswa ternyata masih rendah. Hal ini disebabkan karena saat proses pembelajaran siswa jarang dilatih untuk mengkomunikasikan gagasan dalam bidang matematika. Dengan demikian akan berpengaruh terhadap kepercayaan diri dan kemandirian siswa. Penggunaan model pembelajaran yang dapat menumbuhkan kemampuan komunikasi dan kemandirian belajar matematis siswa salah satunya adalah pembelajaran Reciprocal Teaching. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran konvensional; 2) Untuk mengetahui apakah Self Regulated Learning matematis siswa menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran konvensional; 3) Untuk mengetahui apakah terdapat korelasi antara kemampuan komunikasi matematis siswa dengan Self Regulated Learning matematis siswa kelas eksperimen; 4) Untuk mengetahui apakah terdapat korelasi antara kemampuan komunikasi matematis siswa dengan Self Regulated Learning matematis siswa kelas kontrol. Menurut metodenya, penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Nasional Bandung. Dengan sampel dipilih secara acak. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes kemampuan komunikasi matematis dan skala sikap Self Regulated Learning matematis. Berdasarkan analisis data penelitian diperoleh kesimpulan: 1) Kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih baik daripada yang mendapatkan model pembelajaran konvensional; 2) Self Regulated Learning matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih baik daripada yang mendapatkan model pembelajaran konvensional; 3) Tidak terdapat hubungan antara kemampuan komunikasi matematis siswa dengan Self Regulated Learning matematis siswa pada kelas eksperimen; 4) Tidak terdapat hubungan antara kemampuan komunikasi matematis siswa dengan Self Regulated Learning matematis siswa pada kelas kontrol. Kata kunci: Kemampuan komunikasi matematis, Model pembelajaran Reciprocal Teaching, Self Regulated Learning.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 23 Sep 2017 03:30 |
Last Modified: | 23 Sep 2017 03:30 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29875 |
Actions (login required)
View Item |