SITI SORAYA RATNADEWI, 135040155 (2017) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN METODE GALLERY WALK UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI SISTEM IMUN. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
1. COVER.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRACT.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
RINGKESAN.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB I.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB II.pdf Download (376kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB III.pdf Download (409kB) | Preview |
|
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (415kB) |
||
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (207kB) | Preview |
Abstract
Siti Soraya Ratnadewi. 2017. Efektivitas Pembelajaran dengan Metode Gallery Walk untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa pada Materi Sistem Imun. Pembimbing 1 Drs. Otang Hidayat, M.Pd. dan Pembimbing 2 Drs. Yusuf Ibrahim, M.Pd., M.P. Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil observasi di salah satu SMA Swasta di Kota Bandung yang menunjukan hasil penguasaan konsep siswa pada mata pelajaran biologi tergolong rendah dengan salah satu faktor metode pembelajaran yang digunakan pada saat KBM membuat siswa jenuh dan cenderung pasif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dengan metode Gallery Walk dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi sistem imun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Eksperimental. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Pasundan 8 Bandung pada semester genap tahun ajaran 2016/2017, yaitu kelas XI MIPA 1 dengan jumlah siswa sebanyak 32 siswa. Parameter yang diukur pada penelitian ini ialah penguasaan konsep siswa yaitu pada ranah kognitif. Instrumen yang digunakan adalah test kemampuan yang mengukur ranah kognitif berupa 20 soal pilihan ganda yang disesuaikan dengan pencapaian indikator pembelajaran yang sudah diuji cobakan sebelumnya. Dari hasil penelitian pada kelas kontrol dengan menggunakan metode ceramah didapatkan nilai rata-rata posttest yang diperoleh siswa sebesar 73,13 sedangkan nilai rata-rata posttest yang diperoleh siswa dengan menggunakan metode Gallery Walk adalah 83,28. Sedangkan berdasarkan hasil analisis uji hipotesis, siswa yang mendapatkan pembelajaran menggunakan metode Gallery Walk terlihat lebih menunjukkan perubahan yang cukup besar dilihat dari nilai reratanya. Jika nilai signifikansi atau nilai probabilitas > 0,05, maka Ho diterima dan Ha ditolak. Jika nilai signifikasi atau nilai probabilitas < 0,05 atau = 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga tidak terdapat perbedaan secara signifikan pada kedua kelas tersebut. Ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode Gallery Walk lebih baik dari pada menggunakan metode ceramah. Maka pembelajaran dengan metode gallery walk tersebut dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa yang terlihat dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan. Kata Kunci : Penguasaan Konsep Siswa, Metode Gallery Walk, Sistem Imun
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 19 Sep 2017 03:49 |
Last Modified: | 19 Sep 2017 03:49 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29798 |
Actions (login required)
View Item |