Arinta Dewantining Rizqi, 135060280 (2017) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA MAKANANKU SEHAT DAN BERGIZI KELAS IV (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa kelas IV semester II Di SDN 063 Kebon Gedang Jl. Kebon Gedang Kec. Batununggal, Kota Bandung Tahun Ajaran). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
1.COVER.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak BAHASA INDONESIA.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Sunda.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (356kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (723kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (948kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (135kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 063 Kebon Gedang dan dilatar belakangi dengan keadaan siswa yang menunjukan motivasi dan hasil belajar siswa yang masih banyak dibawah KKM karena guru sering menggunakan metode ceramah yang cenderung monoton dan belum menggunakan model pembelajaran discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning pada tema makananku sehat dan bergizi subtema kebiasaan makanku Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan da lam 2 siklus dengan 3 pertemuan dalam setiap siklusnya. Penilaian yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa dan angket untuk mengetahui seberapa besar motivasi siswa dalam belajar. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan rata-rata dari hasil tes belajar. Pada rata-rata penilaian hasil belajar siklus I yaitu 2,45 dengan kategori cukup, pada siklus II rata-rata penilaian hasil belajar yaitu 3,6 dengan kategori sangat baik. Pada siklus I presentase hasil motivasi belajar siswa sebesar 77,6% dengan kategori tinggi dan pada siklus II presentase hasil motivasi belajar siswa sebesar 78,6% dengan kategori tinggi. Berdasarkan analisis data hasil penelitian yang diperoleh dilapangan maka dapat disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada tema makananku sehat dan bergizi kelas IV. Dengan demikian model pembelajaran Discovery Learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran di dalam kelas agar meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Kata kunci: Discovery Learning, Motivasi belajar, dan Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 19 Sep 2017 02:36 |
Last Modified: | 19 Sep 2017 02:36 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29775 |
Actions (login required)
View Item |