IMAM MULHAKIM, 135060088 (2017) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA KELAS V (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V Semester II di SDN 063 Kebon Gedang Jalan Kebon Gedang, Kec. Batununggal, Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
1.COVER.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (250kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (431kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (616kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (873kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (216kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada tema lingkungan sahabat kita subtema usaha pelestarian lingkungan di kelas V SDN 063 Kebon Gedang. Penggunaan metode konvensional menjadikan pembelajaran tidak berjalan secara efektif dan kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat langsung dalam proses pembelajaran sehingga siswa menjadi pasif. Metode Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus pada pelaksanaanya. Setiap siklus terdiri dari tiga pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning. Adapun setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Pada siklus I persentase rata -rata motivasi belajar siswa sebesar 69,25% dengan kategori sedang pada siklus II persentase rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 70,4% dengan kategori tinggi. Pada siklus I rata-rata hasil belajar post test sebesar 2,39 dengan kategori sedang, pada siklus II skor rata-rata hasil belajar post test sebesar 3,18 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan analisis data hasil penelitian yang diperoleh dilapangan maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Discovery Learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V pada tema lingkungan sahabat kita subtema usaha pelestarian lingkungan. Dengan demikian model Discovery Learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran di dalam kelas agar meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Model Discovery Learning, Motivasi, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 19 Sep 2017 02:29 |
Last Modified: | 19 Sep 2017 02:29 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29773 |
Actions (login required)
View Item |