EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SURVEY QUESTION READ REFLECT RECITE REVIEW (SQ4R) TERHADAP KESADARAN METAKOGNITIF DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM IMUN

FITRI NURANISA HIDAYAT, 135040088 (2017) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SURVEY QUESTION READ REFLECT RECITE REVIEW (SQ4R) TERHADAP KESADARAN METAKOGNITIF DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM IMUN. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK Indonesia.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK Inggris.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK Sunda.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (457kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (664kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Fitri Nuranisa Hidayat, 2017. Efektivitas Pembelajaran Survey Question Read Reflect Recite Review (SQ4R) terhadap Kesadaran Metakognitif dan Hasil belajar Siswa pada Pokok Bahasan Sistem Imun. Dibimbing oleh Dr. Cartono, M.Pd., M.T. dan drh. Nia Nurdiani, M.Si. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan di lapangan yang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas XI MIPA di SMAN 12 Bandung masih terbilang rendah. Hal tersebut salah satunya disebabkan karena siswa belum mendapatkan strategi yang tepat untuk memudahkan mereka dalam memahami apa yang mereka pelajari. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai apakah pembelajaran SQ4R efektif dapat meningkatkan kesadaran metakognitif dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem imun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Eksperimen dengan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMAN 12 Bandung tahun ajaran 2016/2017. Kelas XI MIPA 7 dipilih sebagai sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan pertimbangan homogenitas hasil belajar sebelumnya. Kesadaran metakognitif diukur dengan instrumen MARSI (Mokhtari & Reichard, 2002), sedangkan hasil belajar diukur dengan instrumen soal objektif (pilihan ganda). Peningkatan kesadaran metakognitif dan hasil belajar diuji dengan uji t berpasangan pada α=0,05. Hasil analisis data menunjukkan peningkatan kesadaran metakognitif dengan nilai Gain 0,28 dan N-Gain 0,16 (kategori rendah), serta hasil belajar siswa dengan Gain 58,51 dan N-Gain 0,84 (kategori tinggi). Pembelajaran dengan model ini mendapat respon siswa dengan persentase 72,97% (kategori baik) dan 78,81% siswa beraktivitas baik. Dari hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran SQ4R efektif dalam meningkatkan kesadaran metakognitif dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem imun. Perlu dilakukan pengujian terhadap model pembelajaran ini yang dikolaborasikan dengan media dan model pembelajaran lain pada pembelajaran konsep yang berbeda. Kata Kunci : Pembelajaran SQ4R, Kesadaran Metakognitif, MARSI, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 13 Sep 2017 01:39
Last Modified: 13 Sep 2017 01:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29202

Actions (login required)

View Item View Item