Awang, 135030010 (2017) PEMBELAJARAN MENEMUKAN UNSUR-UNSUR DARI BUKU NONFIKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) DI KELAS VII SMP PASUNDAN 3 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
1. COVER.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
RINGKESAN.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (313kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (429kB) | Preview |
|
Text
BAB IV EDIT tereh.docx iiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (93kB) | Preview |
Abstract
Buku nonfiksi merupakan buku yang berisikan karangan yang dibuat atas dasar fakta atau hal yang benar-benar terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Sehubungan dengan itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai “Pembelajaran menemukan unsur-unsur dari buku nonfiksi dengan menggunakan metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) di kelas VII SMP Pasundan 3 Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017”. Penulis merumuskan masalah mengenai penelitian yang diajukan, yaitu: 1) Mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menemukan unsur-unsur dari buku nonfiksi dengan menggunakan metode CIRC di kelas VII SMP Pasundan 3 Bandung? 2) Mampukah siswa kelas VII SMP Pasundan 3 Bandung menemukan unsur-unsur dari buku nonfiksi dengan tepat? 3) Efektifkah metode CIRC digunakan dalam pembelajaran menemukan unsur-unsur dari buku nonfiksi di kelas VII SMP Pasundna 3 Bandung? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penulis, kemampuan siswa, dan ketepatan metode CIRC dalam pembelajaran menemukan unsur-unsur dari buku nonfiksi di kelas VII SMP Pasundan 3 Bandung dengan tepat?. Metode yang digunakan oleh penulis yaitu metode penelitian eksperimen semu dengan teknik penelitian studi pustaka, observasi, uji coba, tes dan analisis. Ada pun hasil penelitiannya adalah: 1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menemukan unsur-unsur dari buku nonfiksi di kelas VII SMP Pasundan 3 Bandung. Hal ini dibuktikan dari hasil nilai perencanaan pembelajaran sebesar 4,0 dan nilai untuk pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,6 dengan rata-rata akumulatif sebesar 3,8 nilai tersebut masuk dalam kategori sangat baik; 2) Siswa kelas VII SMP Pasundan 3 Bandung mampu menemukan unsur-unsur dari buku nonfiksi dengan tepat. Hal ini terbukti dari nilai rata-rata pretes yaitu 8,57 dan nilai rata-rata postes yaitu 76,16. Jadi, ada peningkatan sebesar 66,7 atau setara dengan 5,38%; 2) Metode CIRC efektif digunakan dalam pembelajaran menemukan unsur-unsur dari buku nonfiksi di kelas VII SMP Pasundna 3 Bandung. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan hasil thitung>ttabel yakni 4.50 > 2,04 yakni pada tingkat kepercayaan 95%, dan d.b sebesar 35. Berdasarkan data yang dihasilkan dari penelitian tersebut, penulis menyimpulkan bahwa pembelajaran menemukan unsur-unsur dari buku nonfiksi dengan menggunakan metode CIRC di kelas VII SMP Pasundan 3 Bandung berhasil dengan baik. Kata Kunci: Pembelajaran, menemukan, buku nonfiksi, metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition).
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 08 Sep 2017 03:15 |
Last Modified: | 08 Sep 2017 03:15 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29116 |
Actions (login required)
View Item |