PEMBELAJARAN MENGHUBUNGKAN PERMASALAHAN DAN ARGUMEN BEBERAPA PIHAK DARI DEBAT UNTUK MENEMUKAN ESENSI DEBAT DENGAN MODEL PROBLEM SOLVING DI KELAS X SMA NEGERI 1 SOREANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

RESTY SETIAWATI, 135030103 (2017) PEMBELAJARAN MENGHUBUNGKAN PERMASALAHAN DAN ARGUMEN BEBERAPA PIHAK DARI DEBAT UNTUK MENEMUKAN ESENSI DEBAT DENGAN MODEL PROBLEM SOLVING DI KELAS X SMA NEGERI 1 SOREANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Indonesia.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Inggris.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Sunda.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ISI BAB I.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ISI BAB II.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ISI BAB III.pdf

Download (466kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] Text
ISI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
ISI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA 1.pdf

Download (86kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pembelajaran menghubungkan berkaitan dengan keterampilan membaca. Salah satunya yaitu menghubungkan permasalahan dan argumentasi beberapa pihak untuk menemukan esensi debat dengan menggunakan model problem solving, yang menekankan pada konsep penemuan dan kesimpulan. Sehubungan dengan itu, penulis tertarik melakukan penelitian dengan judul “Pembelajaran Menghubungkan Permasalahan dan Argumen Beberapa Pihak untuk Menemukan Esensi Debat pada Kelas X SMA Tahun Pelajaran 2016/2017”.Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: Mampukah penulis me-rencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menghubungkan per-masalahan dan argumentasi beberapa pihak untuk menemukan esensi debat dengan menggunakan model problem solving pada kelas X SMA Tahun Pelajaran 2016/2017?; mampukah peserta didik mengikuti pembelajaran menghubungkan permasalahan dan argumentasi beberapa pihak untuk menemukan esensi debat dengan tepat?; dan efektifkah model problem solving digunakan dalam pembelajar-an menghubungkan permasalahan dan argumentasi beberapa pihak untuk mene-mukan esensi debat pada kelas X SMA Tahun Pelajaran 2016/2017?Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini, yaitu metode eksperimen dengan jenis kuasi eksperimen. Sedangkan teknik yang digunakan penulis dalam penelitian ini yaitu telaah pustakan, teknik observasi, teknik uji coba, dan teknik tes. Hasil dari penelitian yang telah penulis lakukan sebagai berikut. Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menghubungkan permasalahan dan argumentasi beberapa pihak untuk menemukan esensi debat dengan mengunakan model problem solving di kelas X IPA 6 SMAN 1 Soreang tahun pelajaran 2016/2017. Hal ini terbukti dengan hasil penilaian perencanan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,52. Peserta didik kelas X IPA 6 SMAN 1 Soreang mampu menghubungkan per-masalahan dan argumentasi beberapa pihak untuk menemukan esensi debat. Hal ini terbukti dari hasil nilai rata-rata pretes sebesar 60,3 sedangkan rata-rata postes 86,4. Model problem solving efektif digunakan dalam pembelajaran menguhubngkan permasalahan dan argumentasi beberapa pihak untuk menemukan esensi debat. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan thitung > ttabel, yaitu 11>2,04 dalam tingkat kepercayaan 95% dengan derajat kebebasan 29. Dengan demikian, penulis menyimpulkan pembelejaran menghubungkan permasalahan dan argumentasi beberapa pihak untuk menemukan esensi debat dengan menggunakan model problem solving berhasil dengan baik. Kata Kunci: Pembelajaran, menghubungkan, permaslahan, debat, model problem solving.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 07 Sep 2017 06:12
Last Modified: 07 Sep 2017 06:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29111

Actions (login required)

View Item View Item