RESTY SETIAWATI, 135030103 (2017) PEMBELAJARAN MENGHUBUNGKAN PERMASALAHAN DAN ARGUMEN BEBERAPA PIHAK DARI DEBAT UNTUK MENEMUKAN ESENSI DEBAT DENGAN MODEL PROBLEM SOLVING DI KELAS X SMA NEGERI 1 SOREANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
COVER.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Indonesia.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Inggris.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Sunda.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
ISI BAB I.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
ISI BAB II.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
ISI BAB III.pdf Download (466kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
||
Text
ISI BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
ISI BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA 1.pdf Download (86kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran menghubungkan berkaitan dengan keterampilan membaca. Salah satunya yaitu menghubungkan permasalahan dan argumentasi beberapa pihak untuk menemukan esensi debat dengan menggunakan model problem solving, yang menekankan pada konsep penemuan dan kesimpulan. Sehubungan dengan itu, penulis tertarik melakukan penelitian dengan judul “Pembelajaran Menghubungkan Permasalahan dan Argumen Beberapa Pihak untuk Menemukan Esensi Debat pada Kelas X SMA Tahun Pelajaran 2016/2017”.Rumusan masalah yang penulis ajukan adalah: Mampukah penulis me-rencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menghubungkan per-masalahan dan argumentasi beberapa pihak untuk menemukan esensi debat dengan menggunakan model problem solving pada kelas X SMA Tahun Pelajaran 2016/2017?; mampukah peserta didik mengikuti pembelajaran menghubungkan permasalahan dan argumentasi beberapa pihak untuk menemukan esensi debat dengan tepat?; dan efektifkah model problem solving digunakan dalam pembelajar-an menghubungkan permasalahan dan argumentasi beberapa pihak untuk mene-mukan esensi debat pada kelas X SMA Tahun Pelajaran 2016/2017?Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini, yaitu metode eksperimen dengan jenis kuasi eksperimen. Sedangkan teknik yang digunakan penulis dalam penelitian ini yaitu telaah pustakan, teknik observasi, teknik uji coba, dan teknik tes. Hasil dari penelitian yang telah penulis lakukan sebagai berikut. Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menghubungkan permasalahan dan argumentasi beberapa pihak untuk menemukan esensi debat dengan mengunakan model problem solving di kelas X IPA 6 SMAN 1 Soreang tahun pelajaran 2016/2017. Hal ini terbukti dengan hasil penilaian perencanan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,52. Peserta didik kelas X IPA 6 SMAN 1 Soreang mampu menghubungkan per-masalahan dan argumentasi beberapa pihak untuk menemukan esensi debat. Hal ini terbukti dari hasil nilai rata-rata pretes sebesar 60,3 sedangkan rata-rata postes 86,4. Model problem solving efektif digunakan dalam pembelajaran menguhubngkan permasalahan dan argumentasi beberapa pihak untuk menemukan esensi debat. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan statistik dengan thitung > ttabel, yaitu 11>2,04 dalam tingkat kepercayaan 95% dengan derajat kebebasan 29. Dengan demikian, penulis menyimpulkan pembelejaran menghubungkan permasalahan dan argumentasi beberapa pihak untuk menemukan esensi debat dengan menggunakan model problem solving berhasil dengan baik. Kata Kunci: Pembelajaran, menghubungkan, permaslahan, debat, model problem solving.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 07 Sep 2017 06:12 |
Last Modified: | 07 Sep 2017 06:12 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29111 |
Actions (login required)
View Item |