ICHA NISSA UTAMI, 135030105 (2017) PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI KONFLIK TEKS DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN METODE NUMBERED HEAD TOGETHER DI KELAS XI SMA 12 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I ACC.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III ACC.pdf Download (159kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (99kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran mengidentifiasi berkaitan dengan membaca. Salah satunya yaitu mengidentifikasi teks drama dengan menggunakan metode numbered head together yang menekankan keaktifan dan pemahaman peserta didik. Sehubungan dengan hal itu, penulis tertarik melakukan penelitian dengan judul “Pembelajaran Mengidentifikasi Konflik Teks Drama dengan Menggunakan Metode Numbered Head Together di Kelas XI SMA 12 Bandung Tahun Pelajaran 2016/2017”. Rumusan masalah yang penulis ajukan ada tiga yaitu pertama, mampukah penulis merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mengidentifikasi kon- flik pada drama dengan menggunakan metode numbered head together di kelas XI SMA 12 Bandung pada tahun pelajaran 2016/2017? kedua, mampukah peserta didik kelas XI SMA 12 Bandung mengikuti pembelajaran mengidentifikasi konflik pada drama dengan tepat? dan ketiga, efektifkah metode numbered head together dalam suatu pembelajaran mengidentifikasi konflik pada drama di kelas XI SMA 12 Bandung pada tahun pelajaran 2016/2017?. Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis quasi eksperimen atau eksperimen semu. Teknik yang penulis gunakan dalam peneliti- an ini adalah telaah pustaka, observasi, uji coba, dan tes. Hasil penelitian yang penulis lakukan adalah penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran mengidentifikasi konflik teks drama dengan menggunakan metode numbered head together di kelas XI SMA 12 Bandung pada tahun pelajaran 2016/2017. Hal ini terbukti dengan hasil penilaian perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,76 yang termasuk pada kategori baik sekali. Peserta didik kelas XI IPS 1 SMA 12 Bandung mampu mengidentifikasi konflik teks drama dengan tepat. Hal tersebut terbukti dari hasil rata-rata pretes sebesar 33,8 dan hasil rata-rata postes sebesar 91. Peningkatannya sebesar 57,4. Metode numbered head together efektif digunakan dalam pembelajaran mengidentifikasi konflik pada drama di kelas XI SMA 12 Bandung tahun pelajaran 2016/2017. Hal tersebut terbukti dari hasil uji t yang menunjukkan thitung > ttabel yaitu 21,10 > 3,12 dalam tingkat kepercayan 95% dengan derajat kebebasan 32. Penulis dapat simpulkan bahwa pembelajaran mengidentifikasi konflik teks drama dengan menggunakan metode numbered head together di kelas XI SMA 12 Bandung pada tahun pelajaran 2016/2017 berhasil dengan baik. Kata Kunci: Pembelajaran, mengidentifikasi, konflik teks drama, metode numbered head together.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 07 Sep 2017 04:43 |
Last Modified: | 07 Sep 2017 04:43 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29109 |
Actions (login required)
View Item |