Fitria Agustina, 135060286 (2017) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PEMANFAATAN KEKAYAAN ALAM DI INDONESIA. (Penelitian Tindakan kelas tema Kayanya Negeriku di kelas IV SD Negeri Cicalengka 05 Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung tahun ajaran 2016- 2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
cover.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I ACC.pdf Download (272kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II ACC.pdf Download (784kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III ACC.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB IV ACC.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
Text
BAB V ACC.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) |
||
|
Text
daftar pustaka ACC.pdf Download (306kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan penelitian ini adalah peningkatan kerjasama dan hasil belajar siswa melalui penerapan model Problem Based Learning pada pembelajaran tematik tema 9 Kayanya Negeriku subtema 2 pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia di kelas IV SD Negeri Cicalengka 05 Kecamatan Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kerjasama dan hasil belajar siswa melalu penerapan model Problem Based Learning pada pembelajaran tematik tema 9 Kayanya Negeriku subtema 2 pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia di kelas IV. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Cicalengka 05 sebanyak 30 orang siswa. Objek Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini peningkatan kerjasama dan hasil belajar siswa pada tema 9 Kayanya Negeriku subtema 2 pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia dengan menggunakan model Problem Based Learning. Pelaksanaan PTK ini dilakukan sebanyak 3 siklus dan tiap siklus dilaksanakan dengan 2 kali pertemuan, pada tiap siklus dilakukan observasi untuk mengetahui peningkatan kerjasama dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa pada siklus I nilai rata-rata kerjasama siswa yang didapat siswa dengan persentase ketuntasan siswa baru mencapai 43% dengan kategori jauh dari baik. Sedangkan hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan mendapat dengan persentase ketuntasan siswa baru mencapai 53% dengan kategori perlu bimbingan , pada aspek sikap percaya diri mendapat persentase 47%; sikap peduli mendapat denga persentase 43%; sikap tanggung jawab mendapat persentase 43%, pada aspek keterampilan mendapat persentase 43%. Pada siklus II nilai kerjasama siswa yang didapat siswa persentase ketuntasan siswa mencapai 57% dengan kategori cukup. Sedangkan hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan mendapat persentase ketuntasan siswa mencapai 63% dengan kategori cukup , pada aspek sikap percaya diri mendapat persentase 60%; sikap peduli mendapat persentase 53%; sikap tanggung jawab mendapat persentase 63%, pada aspek keterampilan mendapat persentase 57%. Pada siklus III nilai kerjasama siswa yang didapat siswa dengan persentase ketuntasan siswa telah mencapai 90% dengan kategori baik. Sedangkan hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan mendapat nilai dengan persentase ketuntasan siswa mencapai 90% dengan kategori baik, pada aspek sikap percaya diri mendapat persentase 87%; sikap peduli mendapat persentase 83%; sikap tanggung jawab mendapat persentase 83%, pada aspek keterampilan mendapat persentase 83%. Dengan demikian dapat dikemukakan kesimpulan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema 9 Kayanya Negeriku subtema 2 pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia di kelas IV SD Negeri Cicalengka 05Kabupaten Bandung. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Kerjasama dan Hasil Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 06 Sep 2017 08:27 |
Last Modified: | 06 Sep 2017 08:27 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29098 |
Actions (login required)
View Item |