ULFAH FADHILATUNNISA, 135020084 (2017) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MIND MAP TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA ANGKASA TAHUN AJARAN 2016/2017 (Studi Kasus Pada Peserta Didik Kelas X MIPA Mata Pelajaran Ekonomi Lintas Minat). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
1. cover.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text
6. abstrak b indonesia.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
7. abstrak b. inggris.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
8. abstak b. sunda.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB 1.pdf Download (527kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB 2.pdf Download (436kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB 3.pdf Download (438kB) | Preview |
|
Text
16. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
17. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
||
|
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (204kB) | Preview |
Abstract
Ulfah Fadhilatunnisa. 2017. Pengaruh Media Pembelajaran Mind Map Terhadap Pemahaman Konsep Belajar Peserta Didik Di SMA Angkasa Tahun Ajaran 2016/2017 (Studi Kasus Pada Peserta Didik Kelas X Mipa Mata Pelajaran Ekonomi Lintas Minat) Penelitian ini berjudul Pengaruh Media Pembelajaran Mind Map Terhadap Pemahaman Konsep Belajar Peserta Didik di SMA Angkasa Tahun Ajaran 2016/2017.Dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman konsep belajar peserta didik dalam pembelajaran ekonomi.Penelitian ini menggunakan medote penelitian Asosiatif Kausal dengan pendekatan kuantitatif. Dari hasil penelitian yang dilakukan melalui tahapan-tahapan data statistik menunjukkan bahwa (1) penerapan media pembelajran Mind Map pada mata pelajaran ekonomi kelas X MIPA di SMA Angkasa Bandung berada pada kategori baik dengan rata-rata 79,95%. (2) pemahaman konsep belajar peserta didik kelas X MIPA SMA Angkasa Bandung sebesar 83,16% berada pada kategori sangat tinggi. (3) terdapat pengaruh media pembelajran Mind Map terhadap pemahaman konsep belajar peserta didik. Hal ini dilihat dari hasil pengolahan data yang menunjukkan terdapat pengaruh media pembelajaran Mind Map terhadap pemahaman konsep belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi pada peserta didik kelas X MIPA di SMA Angkasa Bandung sebesar 14,2% pemahaman konsep belajar peserta didik dipengaruhi oleh penerapan media pembelajaran Mind Map, dan 85,8% ditentukan oleh faktor lain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran menggunakan media pembelajaran Mind Map dapat meningkatkan pemahaman konsep belajar peserta didik . Hal ini dikarenakan media pembelajaran Mind Map yang menekankan peserta didik pada pengembangan materi dengan menggunakan kode atau simbol-simbol yang memudahkan mengingat materi pembelajaran. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada peseta didik agar pemahaman konsep belajar peserta didik dapat meningkat, siswa harus lebih semangat belajar dan memahami pelajaran ekonomi. Dan bagi sekolah (Guru) perlu adanya perubahan dalam menggunaan media pembelajaran yang dianggap efektif dan efisien agar peserta didik dapat belajar dengan cara yang menyenangkan dan terkesan tidak monoton. Serta bagi peneliti ataupun para praktisi di bidang pendidikan dapat melakukan penelitian serupa dengan media pembelajaran dan metode yang berbeda yang dapat mempengaruhi pemahaman konsep belajar peserta didik. Kata kunci: Media Pembelajaran Mind Map, Pemahaman Konsep Belajar Peserta Didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 05 Sep 2017 07:50 |
Last Modified: | 05 Sep 2017 07:50 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29080 |
Actions (login required)
View Item |