Bunga Rosalina, 135060236 (2017) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KERJA SAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
1 COVER.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text
8 ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
7 ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
9 ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
14 BAB I.pdf Download (278kB) | Preview |
|
|
Text
15 BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
16 BAB III.pdf Download (585kB) | Preview |
|
Text
17 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
18 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
||
|
Text
19 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (127kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa kelas IV SDN Rancapanggung 2 yang tidak aktif dan kritis dalam pembelajaran di karenakan tidak tepat sehingga menyebabkan pembelajaran kurang menyenangkan karena monoton , sedangkan model Discovery Learning belum pernah mereka gunakan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan system siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Dalam tiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model Discovery Learning. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerja sama dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Racapanggung 2, melalui model Discovery Learning pada tema Indahnya Negeriku subtema Pelestarian Kekayaan Alam Indonesia Hasil penelitian menunjukan bahwa menggunakan model Discovery Learning dapat meningkatkan kerja sama dan hasil belajar siswa. Yaitu pada siklus I kerja sama peserta didik memperoleh rata – rata 66.08 dengan kategori kurang, pada siklus II nilai yang di peroleh 66.43 masih dalam kategori kurang dan pada siklus III penelitian ini menunjukan keberhasilah yaitu dengan diperoleh nilai rata – rata 88 pada kategori baik. Sedangkan pada hasil belajar siswa persentase yang di peroleh setiap siklus nya naik pada siklus I 40% , pada siklus II 48% dan pada siklus III 80% dari 25 siswa yang mendapat nilai mencapai KKM yang telah ditentukan yaitu 70 sudah mencapai 80% dengan kategori baik. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu , penggunaan model Discovery Learning sangat menunjang tehadap peningkatan kerja sama dan hasil belajar siswa kelas IV SD pada tema Indahnya Negeriku subtema Pelestar ian Kekayaan Alam Indonesia. Dengan demikian, penggunaan model Discovery Learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterap kan pada pembelajaran tematik. Kata kunci: Model Discovery Learning, kerja sama dan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 05 Sep 2017 06:46 |
Last Modified: | 05 Sep 2017 06:46 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29076 |
Actions (login required)
View Item |