PENERAPAN PEMBELAJARAN EKONOMI DENGAN MEDIA CERPEN DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 26 BANDUNG (Penelitian eksperimen terhadap siswa kelas X iis 3 SMA Negeri 26 Bandung)

PERA SELPIANA, 135020066 (2017) PENERAPAN PEMBELAJARAN EKONOMI DENGAN MEDIA CERPEN DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 26 BANDUNG (Penelitian eksperimen terhadap siswa kelas X iis 3 SMA Negeri 26 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT ING.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SNDA.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (358kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pera Selpiana. Pengaruh pembelajaran Ekonomi dengan Media Cerpen dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 26 Bandung. Ekonomi merupakan mata pelajaran yang sangat penting untuk dipelajari oleh siswa. Tetapi, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam mempelajarinya, sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar terhadap pelajaran ekonomi pun berkurang. Salah satu penyebabnya yaitu suasana belajar yang kurang menyenangkan sehingga membuat siswa merasa jenuh ketika proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan media cerpe dalam pembelajaran ekonomi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 26 Bandung. Sampel penelitian ini adalah 2 kelas yang dipilih secara acak menurut kelas. Instrumen yang digunakan adalah tes berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa : (1) Implementasi pembelajaran ekonomi dengan media cerpen sudah sesuai dengan apa yang sudah direncanakan oleh peneliti, maka hasil yang didapat ialah diterima, dan hasilnya ada perbedaan dengan pembelajaran yang tidak menggunakan media cerpen. Sehingga hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan media cerpen lebih baik daripada hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan media konvensional. (2) Terdapat peningkatan yang signifikan antara pembelajaran ekonomi dengan media cerpen dibandingkan pembelajaran menggunakan konvensional, itu karena pembelajaran ekonomi dengan media cerpen cukup membantu siswa untuk mempermudah dalam memahami isi materi. (3) Terdapat pengaruh dalam pembelajaran ekonomi dengan media cerpen terhadap hasil belajar siswa, itu dibuktikan pada hasil uji eksperimen yang tercantum pada tabel 4.14 yaitu tabel R dan R-Square yang menghasilkan peningkatan yang signifikan. Dengan hasil yang diperoleh dari penelitian ini, pengaruh ekonomi dengan media cerpen dapat menjadi salah satu alternatif dalam proses belajar mengajar ekonomi untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran ekonomi. Kata Kunci: Pembelajaran Ekonomi, Media Cerpen, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2013
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 04 Sep 2017 03:45
Last Modified: 04 Sep 2017 03:45
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29066

Actions (login required)

View Item View Item