Nopitasari, 135020004 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR SISWA DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI Tahun Pelajaran 2016/2017 Di SMA Pasundan 1 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (12kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK B.INDONESIA.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT B.INGGRIS.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK B.SUNDA.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (314kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (694kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (7kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (79kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berjudul Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Kemampuan Berpikir Siswa Dalam Mata Pelajaran Ekonomi (Studi Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI Tahun Pelajaran 2016/2017 Di SMA Pasundan 1 Bandung). Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir siswa pada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional dan pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran word square pada saat tes awal (pretest) (2) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir siswa pada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional dan pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran word square pada saat tes akhir (posttest) (3) Untuk mengetahui peningkatan terhadap kemampuan berpikir siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran word square dan pada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu soal essay sebanyak 5 butir soal dengan teknik pengolahan data menggunakan uji validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran. Setelah dilakukan penelitian melalui tes awal sebelum menggunakan model pembelajaran word square diperoleh hasil rata-rata adalah 35,17 dan berada pada kategori rendah. Kemudian dilaksanakan tes akhir setelah menggunakan model pembelajaran word square diperoleh nilai rata-rata hasil tes siswa kelas XI C6 adalah 81,93 dengan kategori tinggi. Pengalaman yang diperoleh siswa pada saat mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran word square mendorong pemahaman siswa terhadap materi pelajaran, siswa akan terlatih untuk disiplin, sebagai latihan untuk bersikap teliti dan kritis serta merangsang siswa untuk berpikir efektif. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran agar sekolah menggunakan model dan media yang tepat. Kepada siswa lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran. Kepada guru sebaiknya menggunakan model pembelajaran word square sebagai alternatif dalam pembelajaran. Dan kepada peneliti selanjutnya hendaknya meneliti permasalahan ini secara lebih mendalam dan dengan sampel yang lebih besar serta materi yang berbeda. Kata kunci : word square, kemampuan berpikir
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2017 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 30 Aug 2017 06:35 |
Last Modified: | 30 Aug 2017 06:35 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/29048 |
Actions (login required)
View Item |