BUSTAN KHOLIK, 135060048 (2017) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA TEMPAT TINGGALKU ( Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan di Kelas IV SDN Rancasawo 1 Kota Bandung Pada Tema Tempat Tinggalku Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku ). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
cover.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I acc.pdf Download (413kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (729kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III REVISI.pdf Download (916kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (166kB) | Preview |
Abstract
Bustan Kholik. NPM. 135060048. “Penggunaan Media Gambar Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Tempat Tinggalku di Kelas IV SDN Rancasawo 1 Tahun Pelajaran 2016/2017. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan Bandung. Pembimbing I Dr.H. Azis Lukman Praja.,M.Si. dan Pembimbing II Dra. Hj. Euis Suherti, M.Pd. Guru belum memahami secara menyeluruh mengenai pelaksanaan kurikulum 2013 dan hanya berpedoman pada buku atau bahan ajar dari Pemerintah. Media dan alat praga yang digunakan kurang bervariasi sehingga siswa mudah bosan dan kurang berperan aktif dalam proses pembelajaran. Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah Apakah Penggunaan Media Gambar dapat Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa kelas IV di SDN Rancasawo 01 Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui instrument pengetahuan, tes dan lembar observasi kegiatan pembelajaran guru. Untuk analisis hasil observasi menggunakan deskripsi kualitatif, sedangkan analisis tesnya adalah kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Pada tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IV yang berjumlah 35 orang siswa. Berdasarkan hasil analisis data penelitian sebelum dan setelah mendapatkan tindakan terjadi peningkatan ketuntasan belajar siswa pada aspek kognitif, dalam setiap siklus, yaitu pada tahap pra siklus dengan presentase ketuntasan 42,85%. Siklus I ketuntasan mencapai 48,57%. Siklus II 77,14%. Siklus III 91,42%. Pada siklus III sudah mencapai indikator kinerja yang ditetapkan, maka penelitian ini dikatakan berhasil. Saran yang dapat peneliti sampaikan hendaknya dalam menggunakan media gambar, gambar yang digunakan dalam pembelajaran harus dapat dilihat oleh semua siswa dengan jelas. Guru berperan sebagai pembimbing baik secara individu maupun kelompok. Selain itu, guru diharapkan berfikir kreatif dalam melaksanakan tanggung jawabnya sebagai pendidik yaitu dengan melaksanakan pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran, sehingga membuat peserta didik lebih aktif dalam belajara dan tidak menimbulkan efek bosan dan jenuh bagi peserta didik. Kata Kunci: Penggunaan Media Gambar, meningkatkan motivasi, Hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2013 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 26 Aug 2017 01:53 |
Last Modified: | 26 Aug 2017 01:53 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28906 |
Actions (login required)
View Item |