PENGUJIAN PERFORMANSI SEPEDA MOTOR HONDA GL PRO NEO-TECH DENGAN MODIFIKASI KARBURATOR RACING

Rafki Afra, 083030110 and Syahbardia, Ds and Endang Ahdi, DS (2013) PENGUJIAN PERFORMANSI SEPEDA MOTOR HONDA GL PRO NEO-TECH DENGAN MODIFIKASI KARBURATOR RACING. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
1. COVER TUGAS AKHIR.docx

Download (38kB)
[img] Text
4. KATA PENGANTAR.docx

Download (34kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.docx

Download (59kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.docx

Download (15kB)
[img] Text
5.DAFTAR ISI.docx

Download (31kB)
[img] Text
6.DAFTAR GAMBAR.docx

Download (30kB)
[img] Text
7.DAFTAR TABEL.docx

Download (27kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (27kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (6MB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (207kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (673kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (26kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (21kB)
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Performa sepeda motor dapat diketahui dengan proses pengujian, menggunakan dynamometer atau sering dikenal dengan pengujian Dynotest, pada proses pengujian sepeda motor Honda GL Pro Neo-Tech ini menggunakan seperangkat alat Inertia dynamometer chassis type Sport-devices SD.325 V31, Seperangkat Gas Analizer Sukyoung SG.410 dan Flow Meter konsumsi bahan bakar Pierburg Technogerma System, yang bertempat di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI-Bandung). Dari hasil pengujian akan didapat data performa sepeda motor meliputi Maximum Power, Maximum Torque, Konsumsi Bahan Bakar pada RPM tertentu. Untuk proses pengujian Dynotest disini akan membandingkan antara karburator standard dan karburator racing yang mana akan ada perbedaan dari hasil data pengujian pada Curve Grafic. Hasil dari pengujian didapat grafik daya dan torsi maksimum dengan satuan (HP) dan (N.m) pada putaran mesin bervariasi yang akan di bandingkan dengan spesifikasi awal, menggunakan karbrator standard dan karburator racing. Pengujian ini juga akan mencari nilai konsumsi bahan bakar dengan menggunakan karburator standard dan karburator racing yang nantinya akan didapat nilai konsumsi bahan bakar dengan satuan (ml/s) pada putaran mesin yang bervariasi. Hasil data pengujian akan dianalisa menggunakan parameter- parameter yang akan dibahas pada bab dua mengenai prestasi sepeda motor, yang nantinya akan dibandingkan dengan hasil data pengujian. Hasil pengujian dan perhitungan menunjukkan nilai prestasi dari sebuah sepeda motor honda gl pro neo-tech mesin standar dan hasil modifikasi pada perubahan karburator, yaitu Daya maksimum 6,8 hp / 8667 rpm (mesin standar) dan 7,56 hp / 8534 rpm(Modifikasi) meningkat 11,17% , Torsi maksimum 8,64 Nm / 4955 rpm(standar) dan 8,18 Nm / 5230 rpm(Modifikasi) menurun 5,32%, bahan bakar spesifik 0,68 kg/kWh / 7000 rpm, tekanan efektif rata-rata 6,59 kg/cm2 / 5230 rpm, efisiensi maksimum 9,07% / 4000 rpm, dan efisiensi rata-rata 6,67%.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin 2013
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 25 Aug 2017 07:08
Last Modified: 25 Aug 2017 07:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28875

Actions (login required)

View Item View Item