Rano Seprihantoro, Alumni and Agus Sentana, DS and Eko Aries Amyanto, DS (2011) PENGGUNAAN KAWAT NIKEL PADA KNALPOT SEBAGAI MEDIA UNTUK MENGURANGI EMISI KENDARAAN BERMOTOR (Studi Kasus : Knalpot Honda Supra Fit 2004). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.
Text
BAB III.docx Download (943kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (168kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (23kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (214kB) |
|
Text
Background UNPAS.docx Download (29kB) |
|
Text
Caver TA 1.docx Download (37kB) |
|
Text
Kata pengantar 2.docx Download (21kB) |
|
Text
Daftar Tabel.docx Download (18kB) |
|
Text
Hasil data gas buang 1.docx Download (35kB) |
|
Text
Lam Abstrak.docx Download (26kB) |
|
Text
Kta pengantar.docx Download (21kB) |
|
Text
Lam Penc Emisi.docx Download (24kB) |
|
Text
Lam Uji Emisi.docx Download (79kB) |
|
Text
Lembar pengesahan3.docx Download (31kB) |
|
Text
Lampiran.docx Download (21kB) |
|
Slideshow
TA OK.pptx Download (15MB) |
|
Text
MUKADIMAH.docx Download (24kB) |
|
Text
Pengertian 4Tak dan 2 tak.docx Download (64kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (24kB) |
|
Text
UNDANGAN SEMINAR TUGAS AKHIR.docx Download (45kB) |
Abstract
Pencemaran udara dapat menimbulkan berbagai masalah dalam kehidupan seperti gangguan kesehatan dan keseimbangan iklim global pada saat ini, terutama di kota-kota besar di dunia dan Indonesia seperti, Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, dan Medan. Pencemaran udara yang diakibatkan oleh kendaraan bermotor,mempunyai kontribusi lebih dari 70% dari hasil pembakaran. Oleh karena itu, penyusun akan mengembangkan penggunaan “Kawat Nikel Pada Knalpot Sebagai Media Untuk Mengurangi Emisi Kendaraan Bermotor” dapat mengurangi kadar kandungan gas buang contoh (CO,CO2,HC,O2). Pada penelitian ini dikemukakan mengenai penggunaan kawat Nikel pada knalpot sepeda motor Supra Fit tahun 2004 dengan tujuan untuk mengurangi emisi gas buang dari hasil pembakaran kendaraan bermotor. Dari hasil pengujian diperoleh data emisi gas buang adalah sebagai berikut : (1) data emisi gas buang sebelum dipasang kawat Nikel CO2 = 1,93 %vol, setelah dipasang kawat Nikel CO2= 1,01 %vol, atau turun 50 %vol; (2) gas HC sebelum dipasang kawat Nikel sebesar 277 %vol, setelah dipasang kawat Nikel HC= 82,3 %vol, atau turun menjadi 70 %vol.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin 2011 |
Depositing User: | Irwan Kustiawan |
Date Deposited: | 23 Aug 2017 06:28 |
Last Modified: | 23 Aug 2017 06:28 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28715 |
Actions (login required)
View Item |