TRI AFRIANTI, 135060065 (2017) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA MAKANANKU SEHAT DAN BERGIZI (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas IV SDN Muararajeun Kota Bandung Tahun Ajaran 2017). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak bahasa inggris.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak bahasa sunda.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak bahasa indonesia.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (625kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (603kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (92kB) | Preview |
Abstract
Judul penelitian ini Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Subtema Makananku Sehat dan Berrgizi. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana penyusunan perencanaan pelaksanaan pembelajaran (RPP) pada subtema makananku sehat dan bergizi dengan menggunakan model Problem Based Learning di kelas IV SDN Muararajeun Kecamatan Cibeunying kaler, kota Bandung, bagaimana penerapan pelaksanaan pada subtema makananku sehat dan bergizi dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning di kelas IV SDN Muararajeun Kecamatan Cibeunying kaler, kota Bandung dan Apakah dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada subtema makananku sehat dan bergizi dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SDN Muararajeun Kecamatan Cibeunying kaler, kota Bandung. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyusunaan perencanaan pelaksanaan pembelajaran, mengetahui penerapan pelaksanaan dan mengetahui hasil belajar siswa dengan model Problem Based Learning siswa kelas IV SDN Muararajeun Kecamatan Cibeunying kaler, kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Hasil yang diperoleh untuk setiap siklusnya mengalami peningkatan baik kemampuan memecahkan masalah maupun nilai yang diperoleh. Pada siklus I hasil belajar siswa kognitif sebesar 44,73%, hasil belajar afektif 42,10% dan hasil belajar psikomotor 68,42%. Pada siklus II hasil belajar siswa kognitif sebesar 65,79%, hasil belajar afektif 73,68%, dan hasilbelajar psikomotor 84,21%. Pada siklus III hasil belajar siswa kognitif berhasil meningkat sebesar 78,94%, hasil belajar afektif 78,94% dan hasil belajar psikomotor 100%. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar kelas IV SDN Muararajen merupakan dampak positif, artinya keberadaan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap hasil belajar siswa Dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning hendaknya guru memahami dan melaksanakan perencanaan secara lebih rinci dan semaksimal mungkin agar kegiatan pembelajaran mencapai tujuan yang diharapkan. Kata kunci : Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Model Problem Based Learning
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 15 Aug 2017 04:32 |
Last Modified: | 15 Aug 2017 04:32 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28616 |
Actions (login required)
View Item |