IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENGEMBANGKAN SELF REGULATED LEARNING DAN DAMPAKNYA PADA KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA

Pipih Nurhidayanti, NPM : 158060026 (2017) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENGEMBANGKAN SELF REGULATED LEARNING DAN DAMPAKNYA PADA KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMA. Thesis(S2) thesis, unpas.

[img] Text
Artikel PIPIH 158060026.docx

Download (89kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki beberapa variabel yaitu pembelajaran group investigation sebagai variabel bebas, self regulated learning yang bertindak sebagai vatiabel moderator sedangkan kemampuan komunikasi matematis sebagai variabel terikat. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis perbedaan kemampuan komunikasi matematis dan self regulated learning antara siswa yang memperoleh pembelajaran group investigation dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan Metode Campuran (Mixed Method) tipe penyisipan (Embedded Design). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA di SMAN 1 Sukabumi. Sampel dalam penelitian ini dipilih sebanyak 2 kelas yaitu kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA 2. Kelas eksperimen memperoleh pembelajaran group investigation dan kelas kontrol memperoleh pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian meliputi tes komunikasi matematis, angket skala likert Self regulated learning pedoman observasi, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis yang memperoleh pembelajaran group investigation lebih baik dibandingkan dengan yang memperoleh pembelajaran konvensional. Hal yang sama diperoleh juga bahwa Self regulated learning yang memperoleh pembelajaran group investigation lebih baik dibandingkan dengan yang memperoleh pembelajaran konvensional pada materi matriks, tetapi tidak didapat pengaruh antara Self regulated learning terhadap kemampuan komunikasi matematis Kata kunci: pembelajaran group investigation, kemampuan komunikasi matematis, Self regulated learning , pembelajaran konvensional

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2017
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 17 Jun 2017 02:21
Last Modified: 17 Jun 2017 02:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28235

Actions (login required)

View Item View Item