PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC BERBANTUAN ADOBE FLASHUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP, PENALARAN MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA SMA

Ririn Indah Widiani, NPM. 158060005 (2017) PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC BERBANTUAN ADOBE FLASHUNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP, PENALARAN MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA SMA. Thesis(S2) thesis, unpas.

[img] Text
Artikel Tesis Ririn.docx

Download (61kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan kemampuan pemahaman konsep, penalaran matematis dan self confidence siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan Scientific berbantuan Adobe Flashdan pembelajaran konvensional, mengkaji self confidence yang memperoleh pendekatan dengan pendekatan Scientific berbantuan Adobe Flashdan konvensional, mengetahui korelasi diantara kemampuan pemahaman konsep, penalaran matematis dan self confidence. Desain penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi Eksperiment). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 16 Kabupaten Tangerang kelas X, sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 dan kelas X MIA 2 yang masing-masing terdiri 35 siswa. Dalam penelitian ini kelompok kelas eksperimen memperoleh pembelajaran dengan pendekatan Scientific berbantuan Adobe Flashdan kelas kontrol memperoleh pembelajaran konvensional. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemahaman konsep dan penalaran matematis. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa, terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa yang memperoleh model pembelajaran Scientific berbantuan Adobe Flashlebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa dengan kategori tinggi,sedang, rendah, terdapat peningkatan penalaran matematis siswa yang memeperoleh model pembelajaran dengan pendekatan Scientific berbantuan Adobe Flashlebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan awal matematis dengan kategori tinggi, sedang, rendah. Tidak ada perbedaan kemandirian belajar siswa kelas scientifik berbantuan Adobe Flashdengan kelas konvensional. Akan tetapi kalau dilihat dari rata-rata respon siswa terhadap pernyataan-pernyataan yang diberikan, dikelas scientifik berbantuan Adobe Flashmenunjukan self confidence siswa positif atau tinggi, sedangkan rata-rata respon siswa terhadap pernyataan yang diberikan, di kelas konvensional menunjukkan rata-rata self confidence siswa negatif atau rendah. Terdapat korelasi antara kemampuan pemahamn konsep dan penalaran matematis siswa. Tidak terdapat korelasi antara kemampuan komunikasi matematis dengan self confidence siswa. Tidak terdapat korelasi antara kemampuan penalaran dengan self confidence siswa. Kata Kunci; Pendekatan Scientific berbantuan Adobe Flash, pembelajaran konvensional, kemampuan pemahaman konsep matematis, kemampuan penalaran matematis, self confidence.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2007
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 15 Jun 2017 07:31
Last Modified: 15 Jun 2017 07:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28117

Actions (login required)

View Item View Item