PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK DAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIK SISWA SMP

Acep Anton Fajar, NPM. 158060018 (2017) PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN BELAJAR DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK DAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIK SISWA SMP. Thesis(S2) thesis, unpas.

[img] Text
Artikel Tesis acep.rtf

Download (199kB)

Abstract

Model pembelajaran Problem Based Learning diharapkan dapat meningkatkan Kemampuan komunikasi matematik, berpikir kritis matematik dan kemandirian belajar siswa Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian campuran atau mixed method tipe Embedded Desain dengan jenis Embedded experimental model. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN 1 Cikatomas kelas VIII tahun ajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini dipilih sebanyak 2 kelas dari kelas VIII. Kelas eksperimen menggunakan model Problem Based Learning dan kelas kontrol menggunakan model konvensional. Dalam penelitian ini menggunakan dua macam instrumen penelitian yaitu instrumen tes dan non tes. Instrumen non tes terdiri dari soal tes kemampuan komunikasi dan berpikir kritis matematik Sedangkan instrumen non tes terdiri Angket kemandirian belajar, Lembar obsevasi dan wawancara. hasil penelitian menunjukan bahwa (1) kemampuan komunikasi matematik siswa yang menggunakan model pembelajaran problem based learning lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional (2) kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran problem based learning tidak lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional (3) kemandirian siswa yang menggunakan model pembelajaran problem based learning tidak lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. (4) terdapat hubungan yang positif antara kemampuan komunikasi matematik dengan berpikir kritis matematik, kemampuan komunikasi matematik dengan kemandirian belajar kemampuan berpikir kritis matematik dengan kemandirian belajar siswa Kata Kunci: Problem Based Learning, Komunkasi matematik, berpikir kritis matematik dan kemandirian belajar.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2017
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 15 Jun 2017 07:07
Last Modified: 15 Jun 2017 07:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/28110

Actions (login required)

View Item View Item