RESILIENSI REMAJA KORBAN BULLYING (STUDI KASUS DI SMA ANGKASA KOTA BANDUNG)

Lukman Nurhakim, 132020056 (2017) RESILIENSI REMAJA KORBAN BULLYING (STUDI KASUS DI SMA ANGKASA KOTA BANDUNG). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN (TANDA TANGAN).pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (819kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (309kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul: “Resiliensi Remaja Korban Bullying (Studi Kasus di SMA Angkasa Kota Bandung)”. Bullying adalah ketika seseorang diganggu terus menerus oleh seseorang atau kelompok yang lebih kuat, baik dalam istilah kekuatan fisik atau kedudukan sosial. Bullying adalah masalah yang mempengaruhi jutaan siswa, dan membuat setiap orang khawatir. Resiliensi adalah kemampuan untuk mengatasi pasang surutnya kehidupan, mampu mengatasi dan bangkit dari suatu kejadian yang mempunyai efek negatif pada hidup. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan deskripsi singkat tentang resiliensi remaja korban bullying. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan: 1) Wawancara mendalam, 2) Observasi partisipan. Informan kunci pada penelitian ini adalah seorang siswa SMA Angkasa yang menjadi korban bullying, sementara informan tambahan terdiri dari 2 orang teman sebagai pelaku bullying, 1 orang guru bimbingan dan konseling, dan 1 orang anggota keluarga dari remaja yang menjadi korban bullying. Penelitian ini menunjukan bahwa informan tidak memperoleh kemampuan coping resiliensi penuh. Berdasarkan teknik pengukuran resiliensi melalui model Child and Youth Resilience Measure (CYRM), informan hanya memperoleh 2 karakteristik yaitu I Have (external support and resources) and I Am (internal and personal strengths). Sementara yang lain tidak terpenuhi, yaitu karakteristik I Can (social and interpersonal skills). Rekomendasi dirujuk untuk perbaikan kerjasama antara remaja korban bullying, pelaku bullying, lingkungan sekolah, dan orang tua untuk meningkatkan kemampuan resiliensi remaja yang menjadi korban bullying. Kata Kunci: Bullying, remaja, korban, resiliensi, lingkungan sekolah

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Kesejahteraan Sosial 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 10 Jun 2017 03:11
Last Modified: 10 Jun 2017 03:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27849

Actions (login required)

View Item View Item