ANALISIS DAMPAK GAYA KEPEMIMPINAN KONTINGENSI DAN BUDAYA ORGANISASI MELALUI MOTIVASI KERJA TERHADAP EFEKTIVITAS ORGANISASI PADA SEKOLAH DASAR NEGERI DI LINGKUNGAN DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN BANDUNG

ASEP HIDAYAT, NPM : 099213011 (2013) ANALISIS DAMPAK GAYA KEPEMIMPINAN KONTINGENSI DAN BUDAYA ORGANISASI MELALUI MOTIVASI KERJA TERHADAP EFEKTIVITAS ORGANISASI PADA SEKOLAH DASAR NEGERI DI LINGKUNGAN DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN BANDUNG. Disertasi(S3) thesis, UNPAS.

[img] Text
Daftar isi S3.docx

Download (71kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (16kB)
[img] Text
Daftar isi S3.docx

Download (71kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (25kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (89kB)

Abstract

Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah efektivitas organisasi pada sekolah dasar negeri di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bandung rendah. Kondisi tersebut diduga karena gaya kepemimpinan kontingensi dan budaya organisasi melalui motivasi kerja yang belum berjalan optimal. Metode penelitian yang digunakan adalah explanatory research sebagai upaya mengumpulkan informasi dari responden dengan menggunakan angket, hal ini dimaksudkan untuk menguji jawaban rasional sehingga dapat menjelaskan fenomena yang menjadi masalah. Hasil penelitian, secara simultan gaya kepemimpinan kontingensi dan budaya organisasi melalui motivasi kerja besar dampaknya dan signifikan terhadap efektivitas organisasi pada sekolah dasar negeri di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bandung yaitu sebesar 0,5875 sedangkan epsilonnya sebesar 0,4125. Hal ini mengandung makna bahwa gaya kepemimpinan kontingensi dan budaya organisasi melalui motivasi kerja sangat berpengaruh terhadap efektivitas organisasi, namun karena selama ini belum berjalan dengan baik pada sekolah dasar negeri di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bandung, maka pengaruhnya terhadap efektivitas organisasi pun belum berjalan optimal atau dengan perkataan lain masih rendah. Secara parsial gaya kepemimpinan kontingensi melalui motivasi kerja memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap efektivitas organisasi pada sekolah dasar negeri di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bandung yaitu sebesar 0,3556. Adapun aspek gaya kepemimpinan kontingensi yang memberikan dampak paling besar terhadap efektivitas organisasi pada sekolah dasar negeri adalah hubungan pemimpin-anggota sebesar 0,8760, sedangkan aspek struktur tugas memberikan dampak yang kecil sebesar 0,7185. Budaya organisasi melalui motivasi kerja memberikan dampak yang lebih besar dibandingkan gaya kepemimpinan kontingensi terhadap efektivitas organisasi yaitu 0.4763. Karakteristik budaya organisasi yang memberikan dampak paling besar terhadap efektivitas organisasi adalah karakteristik inovasi dan keberanian mengambil resiko yaitu 0.8557, sedangkan karakteristik yang dampaknya kecil adalah karakteristik stabilitas sebesar 0,7392. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa gaya kepemimpinan kontingensi dan budaya organisasi melalui motivasi kerja secara empirik sebenarnya memberikan kontribusi terhadap efektivitas organisasi pada sekolah dasar negeri di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bandung, baik secara simultan maupun parsial, namun karena belum dilaksanakan dengan baik, maka menjadikan efektivitas organisasi masih rendah. Hal ini menunjukan bahwa gaya kepemimpinan kontingensi dan budaya organisasi melalui motivasi kerja perlu segera dilaksanakan dengan baik untuk meningkatkan efektivitaas organisasi pada sekolah dasar negeri di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bandung.

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: S3-Disertasi
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Sosial 2013
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 27 Apr 2017 09:34
Last Modified: 27 Apr 2017 09:34
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27213

Actions (login required)

View Item View Item