PENGEMBANGAN MODEL INSTRUMENPENILAIAN AUTENTIK BERORIENTASI PADA PENGUKURAN AKTIVITAS DAN KARAKTER SISWA SMPDALAM PEMBELAJARAN MEMPRODUKSITEKS DESKRIPSI

IIS MAISAH, NPM : 148090014 (2017) PENGEMBANGAN MODEL INSTRUMENPENILAIAN AUTENTIK BERORIENTASI PADA PENGUKURAN AKTIVITAS DAN KARAKTER SISWA SMPDALAM PEMBELAJARAN MEMPRODUKSITEKS DESKRIPSI. Thesis(S2) thesis, UNPAS.

[img] Text
CAVER.docx

Download (39kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (38kB)
[img] Text
BAB 1.docx

Download (81kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (156kB)

Abstract

Penilaian autentik merupakan bentuk penilaian yang menghendaki siswa menampilkan sikap, menggunakan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dari pembelajaran dalam melakukan tugas pada situasi yang sesungguhnya. Untuk itu diperlukan instrumen yang mampu mengukur sikap, pengetahuan dan keterampilan siswa dalam pembelajaran. namun sebagian besar, guru termasuk guru Bahasa Indonesia yang menerapkan pengajaran berbasis Kurikulum 2013 kebingungan dan kesulitan dalam menyusun instrumen penilaian autentik. Karena itu perlu dirancang instrumen penilaian autentik yang dapat diadopsi guru dalam melakukan penilaian di kelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini, bagaimanakah model instrumen penilaian autentik yang berorientasi pada pengukuran aktivitas dan karakter siswa dalam pembelajaran memproduksi teks deskripsi? Bagaimanakah proses penerapan model instrumen penilaian autentik dalam memproduksi teks deskripsi? dan apakah model instrumen penilaian autentik efektif untuk mengukur aktivitas dan karakter siswa? Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan model instrumen penilaian autentik pada pembelajaran memproduksi teks deskripsi, (2) memperoleh hasil penerapan model instrumen penilaian autentik yang dapat mengukur aktivitas dan karakter siswa, (3) memperoleh model instrumen penilaian autentik yang efektif untuk mengukur aktivitas belajar siswa, (4) memperoleh model instrumen penilaian autentik yang efektif untuk mengukur karakter siswa. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian Research and Development (R&D) melalui beberapa langkah, yaitu: (1) potensi dan masalah,(2) pengumpulan informasi,(3)desain produk,(4) Validasi desain, (5) perbaikan desain, (6) uji coba produk skala terbatas, (7) Perbaikan desain, (8) uji coba skala luas,(9) analisis data dan perbaikan, (10) Implementasi. Hasil penelitian ini dianalisis untuk mengetahui kriteria kelayakan, validitas, dan keefektifannya. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, disimpulkan bahwa model instrumen penilaian autentik terbukti efektif dan layak untuk digunakan oleh guru, selain itu model instrumen penilaian autentik memberikan peranan yang baik bagi peningkatan aktivitas dan karakter siswa dalam memproduksi teks deskripsi.Berdasarkan hasil uji coba terbatas dan uji coba luas terhadap aktivitas dan karakter siswa menunjukkan perbedaan yang signifikan. Keefektifan model instrumen penilaian autentik ini dapat digunakan guru sebagai alternatif dalam mengembangkan mutu pembelajaran memproduksi teks. Kata-kata kunci: Penilaian Autentik, Aktivitas belajar, karakter, dan memproduksi teks deskripsi

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2017
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 07 Apr 2017 07:58
Last Modified: 07 Apr 2017 07:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27138

Actions (login required)

View Item View Item