Ahmad Yonan Fauzi, Alumni and Sugiharto, DS and Gatot Santoso, Ds (2017) ANALISIS NUMERIK KONTAK SLIDING RODA KERETA. Fakultas Teknik Unpas.
Text
ABSTRACT eng.docx Restricted to Registered users only Download (14kB) | Request a copy |
|
Text
ABSTRAK1.docx Restricted to Registered users only Download (17kB) | Request a copy |
|
Text
bab I.docx Restricted to Registered users only Download (22kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Registered users only Download (21kB) | Request a copy |
|
Text
cover yonan.docx Restricted to Registered users only Download (19kB) | Request a copy |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx Restricted to Registered users only Download (31kB) | Request a copy |
|
Text
BAB II.docx Restricted to Registered users only Download (604kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.docx Download (1MB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kerusakan akibat keausan dapat mengurangi masa pakai roda dan rel pada kereta. Analisis keausan akibat gesekan ini harus dirinci mulai dari interaksi fisik antara roda dan rel selama dua komponen tersebut dioperasikan. Kecepatan gerak kereta berbanding lurus dengan beban sumbu roda kereta yang bergerak di atas rel, kejadian ini akan berpengaruh terhadap gaya kontak yang terjadi dan harus diselidiki secara menyeluruh. Metode analisis secara tradisional untuk menyelidiki kontak antara roda dan rel sudah dikembangkan dengan menggunakan teorema Hertz akan tetapi permasalahan kontak yang bisa diselesaikan masih sangat terbatas. Metode numerik yang didasarkan pada metode elemen hingga dapat menjadi alternatif untuk mendapatkan solusi analisis yang lebih luas. Metode ini telah banyak dikembangkan dibeberapa dekade terakhir ini. Kontak roda dan rel dengan memasukan variable sliding dapat diselesaikan secara numerik, dalam analisis gaya kontak dan volume keausan dapat dianalisis dari fungsi kecepatan gerak keretanya. Hasil analisis numerik yang dilakukan secara virtual pada roda kereta diameter 780 mm (material STY80W-1), rel tipe A75 (DIN536), kecepatan gerak kereta 120 km/h (33.3 m/s), bobot kereta 82 ton, beban yang ditumpu oleh setiap roda 67,035 kN, diperoleh tekanan kontak maksimum sebesar 721,83 MPa, dan volume keausan sebesar 3,2x10-5 μm3.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin 2011 |
Depositing User: | Irwan Kustiawan |
Date Deposited: | 11 Mar 2017 05:20 |
Last Modified: | 11 Mar 2017 05:20 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/27000 |
Actions (login required)
View Item |